Rancang Business Plan, Tim Dosen Berkarya UB Bantu Anak Perusahaan Semen Indonesia Group Bangkit dari Krisis

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Sebagai bentuk kolaborasi antara akademisi dan pelaku usaha riil , Tim Dosen Berkarya Universitas Brawijaya menggandeng PT Swadaya Graha Gresik, sebuag perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Kolaborasi ini diketuai oleh Prof. Dr. Dr Moeljadi, SE., SU.CFP dan 4 orang dosen lainnya telah menyelesaikan pembuatan business plan dan busines strategi  untuk empat tahun mendatang.

Sebagaimana hasil diskusi bersama pimpinan perusahaan, menurut Moeljadi, salah satu masalah yang perlu dijadikan fokus adalah penyusunan Business Plan dan Business Strategi untuk ke empat taun mendatang. “Penyusunan Business Plan dan Strategi usaha tersebut penting, karena menyangkut kelangsungan hidup perusahaan, sementara kelangsungan hidup perusahaan merupakan tanggung jawab perusahaan untuk bisa menghidupi dan meyejahterkan keluarga dari karyawan”, ujarnya.

Menurut Prof Moeljadi, salah satu poin penting dalam penyusunan strategi bisnis ke depan adalah pembuatan deversifikasi produk. “Terutama yang terkait dengan produk yang sejalan (in line) dengan lini kondtruksi yang selama ini dijalankan oleh PT Swadaya Graha.  Tetapi dalam masa Pandemi ini penyusunan deversifikasi yang tidak in line dengan lini usaha sebelumnya juga sangat diperlukan”, jelas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini. Ia juga menambahkan, PT Swadaya Graha harus dapat memanfaatkan aset yang dimilikinya, misalnya kantor atau ruang dilantai 2, bisa dimanfatkan untuk outlet usaha yang dapat menghasilkan.

Lebih jauh lagi, Moeljadi menjelaskan, untuk masa 4 tahun ke depan diperlukan manajmen talenta yang benar. “Pembanfaatan sumber daya manusia setelah pandemi ini menjadi sangat vital untuk mendukung peningkagtan pendapatan perusahaan. Penyusunan business plan dan bussiness strategy diharapkan akan membantu PT Swadaya Graha untuk bisa beradaptasi dan pulih dari situasi krisis masa pandemi dengan menggunakannya sebagai pedoman dalam operasi perusahaan”, pungkasnya.

 See also