FAQ

Akademik

Apa syarat pengajuan cuti/terminal akademik?

Syarat usulan cuti dan/atau terminal akademik antara lain:

  1. Mahasiswa tidak melebihi jumlah cuti akademik/terminal kuliah.
  2. Jadwal pengusulan cuti adalah semester ke depan, maksimal 1 bulan setelah masa registrasi berakhir.
  3. Status akademik yang boleh mengusulkan adalah tidak terdaftar, aktif, cuti akademik/terminal kuliah (pada semester pengusulan).
  4. Mahasiswa tidak pada akhir masa studi.
  5. Subbag akademik/operator di fakultas melakukan validasi setelah usulan mendapatkan
Bagaimana cara mengajukan terminal kuliah?

Cara untuk mengajukan usulan terimal kuliah adalah sbb:

  1. Mahasiswa mengajukan permohonan terminal kuliah dan data pendukung ke WD I fakultas.
  2. Jika disetujui oleh WD I maka operator Fakultas memproses surat pengantar dr WD I yang ditujukan ke WR I, kemudian di ttd dan discan untuk diunggah pada sistem.
  3. Operator fakultas menambahkan permohonan terminal kuliah dan mengunggah surat dari WD I.
  4. Operator universitas memeriksa surat pengantar dari fakultas pada sistem, dan memproses surat persetujuan terminal kuliah dari rektor.
  5. Operator universitas menambahkan pengajuan terminal kuliah, mengunggah ijin Rektor dan melakukan validasi.
  6. Status akademik mahasiswa pengusul terminal kuliah berubah pada SIAM.
  7. Surat persetujuan terminal kemudian dikirimkan ke fakultas untuk diteruskan ke mahasiswa yang bersangkutan. Ijin dari pihak berwenang di fakultas
  8. Bagian akademik universitas melakukan validasi setelah usulan mendapatkan ijin dari rektor. Status akademik mahasiswa pengusul cuti akademik berubah pada SIAM.

Kemahasiswaan

Apakah terminal kuliah itu?

Terminal kuliah adalah penundaan registrasi administrasi dalam jangka waktu tertentu, yang diajukan setelah satu bulan berakhirnya masa registrasi dan disetujui oleh Rektor sehingga tidak diperhitungkan sebagai masa studi namun tetap diwajibkan membayar biaya pendidikan.

Bagaimana cara pengajuan cuti akademik?

Permohonan cuti akademik dapat diajukan secara online. Jika disetujui akan dibebaskan dari pembayaran SPP dengan cara sbb:

  1. Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal ditetapkan akan ditolak, tetap diwajibkan membayar SPP, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan terminal kuliah.
  2. Mahasiswa yang telah menempuh Tugas Akhir (Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi) tetapi belum selesai, tetap diwajibkan melakukan registrasi akademik (Pengisian KRS).
  3. Mahasiswa yang pada saat registrasi administrasi tidak dapat menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa semester sebelumnya karena hilang dan lain-lain, harus mengurus penggantian Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dengan prosedur yang telah ditetapkan
  4. Pelaksanaan registrasi akademik (pengisian KRS) diatur oleh Fakultas/Program masing-masing.
  5. Tidak ada perpanjangan masa registrasi.
  6. Crisis Center Daftar Ulang berada di Ruang Rektorat lt. 1.
Apakah cuti akademik itu?

Cuti akademik adalah penundaan registrasi administrasi dalam jangka waktu tertentu, yang diajukan paling lambat satu bulan setelah masa registrasi dan disetujui oleh rektor sehingga tidak diperhitungkan sebagai masa studi serta tidak dikenakan biaya pendidikan.