Tim DM UB Petakan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bringin

Desa Bringin yang terletak di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang mayoritas di huni oleh pengrajin tikar dan anyaman tampah, petani dan pedagang. Ada pula salah satu kampung yang mayoritas penduduknya merupakan  pengrajin opak, hingga dikenal sebagai kampung opak. Pemetaan yang dilakukan oleh tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya menemukan di desa ini, setidaknya ada tiga permasalahan yang melingkupi, yaitu permodalan, ekonomi dan kesehatan.

Tim DM Statistika di Desa Bringin

Masalah permodalan, menurut Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si, M.Sc, di desa ini, permodalan menjadi masalah yang kerap dialami. “Pemerintah desa setempat merespon dengan mendirikan dua koperasi, yaitu Koperasi Wanita dan Koperasi milik BUMDes. Namun dalam pelaksanaannya, koperasi ini pun mengalami beberapa kendala”, ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data dari Sekretaris desa, beberapa hambatan ini antara lain adanya anggota yang dengan sengaja terlambat membayarkan angsuran sehingga menghambat keberlangsungan manajemen koperasi dan modal yang macet. “Koperasi tersebut didirikan untuk membantu masyarakat yang kesulitan modal. Kendala yang terjadi perlu disosialisasikan kepada masyarakat terkait pengelolaan manajemen koperasi, agar mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat dan mampu mensejahterakan kehidupannya secara mandiri.

Selain modal, masalah kesehatan di desa ini juga perlu perhatian khusus. Pandemi menghambat pelaksanaan Posyandu Lansia. Tidak hanya itu, pemantauan kondisi ibu hamil kala pandemi pun perlu dilakukan. “Salah satunya dengan sosialisasi melalui posyandu atau puskesmas pembantu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat”, jelas Adji.

Tim Doktor Mengabdi yang terdiri atas Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc. selaku ketua, dan Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si., Dr. Riyanti Isaskar, SP., M.Si., dan Dr. Lailil Muflikhah, S.Kom., M.Sc., merencanakan program KKN Tematik di Desa Bringin. “Program ini diharapkan dapat memberikan efek positif dan memperbaiki kondisi stunting di daerah Desa Bringin. KKN tematik akan fokus terkait dengan pengelolaan koperasi dan kejadian stunting di Desa Bringin, imbuh Adji.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan potensi kesejahteraan masyarakat berbasis Pemodelan Statistika Kekar dan Fleksibel dalam rangka Pengentasan Kemiskinan di Kecamatan Wajak, khususnya di Desa Bringin. Untuk meminimalisir stunting di masa depan, ia berencana akan membuat sistem informasi pantauan terpusat. “Harapannya adalah angka stunting di desa Bringin Kecamatan Wajak dapat menurun seiring bertambahnya waktu”, pungkasnya.