Komitmen, Kontribusi, dan Kolaborasi SDGs UB di SAC 2023

Enam utusan dari Bappeprov Banten berkunjung ke  UB, Kamis (7/12/2023) untuk menjalin kolaborasi dalam rangka persiapan penyelenggaraan Jambore SDGs.

Sehari sebelum berkunjung ke SDGs UB di lantai 7 Gedung C FISIP UB, rombongan Bappeprov Banten diterima Setda Provinsi Jatim dan Sekretariat SDGs Bappeprov Jatim, di Surabaya.

Selama ini, kolaborasi SDGs UB tidak hanya dengan pemerintah, tapi juga pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, sampai pemerintah desa/kelurahan, namun juga dengan lintas kampus di Indonesia.

Selain telah terbentuk forum kampus, SDGs UB juga mendapat sejumlah komitmen dari sejumlah tokoh nasional. Sebut misalnya, saat menghadiri Festival SDGs di Unair Surabaya, Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs Kementerian PPN/Bappenas RI Yanuar Nugroho memberikan komitmen kepada SDGs UB untuk ikut menyukseskan pembangunan di Indonesia bagian timur.

Saat ini sudah ada 43 SDGs kampus se Indonesia. Eksistensi SDGs kampus penting bagi upaya pemajuan pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat luas. Bagi kampus sendiri, SDGs juga sangat penting. Khususnya dalam menunjang perbaikan kualitas dalam meningkatkan reputasi pemeringkatan kampus internasional sebagaimana tujuan SDGs ke-4 yaitu pendidikan berkualitas, bertaraf internasional.

Meski tahun ini, belum menjadi juara SDGs Action Awards (SAA) 2023 yang diumumkan bertepatan dengan SDGs Annual Conference (SAC) 2023 di Yogyakarta (6/11), namun komitmen mengembangkan kolaborasi terus dilakukan. Sebagai bentuk kontribusi di tingkat nasional, untuk pertama kalinya SDGs UB ikut dan masuk nominasi penilain lima besar.

“Tidak apa-apa, baru pertama ikut, sudah berkontribusi di ajang nasional. Yang penting terus berkomitmen, berkolaborasi, kalau bisa tahun depan juara,” harap Warek I UB, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP memberikan motivasi saat menerima Laporan dari Tim SDGs UB yang diketuai oleh Muzakki.

Sebagaimana dicanangkan Bappenas RI tema SAA dan SAC 2023 adalah energi, air, dan ketahanan pangan. Kegiatan ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs ke-1 (Tanpa kemiskinan), ke-2 (Tanpa kelaparan), ke-7 (Energi bersih dan terjangkau), dan SDGs ke-13 (Perubahan iklim). (tim)