Workshop Integrasi Platform Eling dan Panopto

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB)  mengadakan Workshop Integrasi Platform Eling dan Panopto sebagai Portal Video Pembelajaran Daring FILKOM UB Rabu (10/2/2021). Kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya dalam mempersiapkan pembelajaran daring, dan mengajak para dosen agar lebih aktif dalam menyampaikan materi perkuliahan menggunakan video ajar yang dibuat dan diedit melalui Panopto.

Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dikarenakan masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Materi yang disampaikan dalam workshop ini terbagi menjadi tiga sesi.
Sesi pertama tentang Review Kebijakan Pembelajaran Daring Melalui Eling dan Panopto di FILKOM UB yang disampaikan  Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT.

Sesi kedua, membahas Pembuatan Editing Video Pembelajaran dengan Menggunakan Panopto untuk Portal Video Pembelajaran Daring FILKOM UB yang disampaiakan Fajar Pradana, S.ST., M.Eng.,.

Dan terakhir Integrasi Panopto sebagai Portal Video Pembelajaran Daring Filkom UB yang disampaikan Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom.

Materi pertama yang disampaikan Dr. Eng Herman Tolle, ST., MT. menjelaskan standar mutu pembelajaran daring di FILKOM terbagi menjadi dua yaitu standar input dan standar output.

Dalam standar input yang perlu disiapkan adalah persiapan pembelajarannya yang terdiri dari rencana pembelajaran dan lembar kerja mahasiswa.

Teknologi pembelajaran yang digunakan juga beragam, seperti video conference yang dapat melalui Zoom atau GMeet,  learning management systems yang menggunakan Eling FILKOM dan video management systems yang menggunakan Panopto FILKOM.

Herman menghimbau bagi para dosen sebaiknya tidak hanya memberikan tugas saja kepada mahasiswanya, akan tetapi juga harus menyampaikan materi dalam setiap pertemuan. Dosen menyiapkan video ajarnya sebelum kelas dimulai dan sebaiknya video dibagi per materi yang disampaikan.

Lanjut dalam materi kedua yang disampaikan Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. mengenai Panopto.

Panopto sendiri disini diartikan sebagai platform yang disediakan untuk FILKOM dalam membantu dosen-dosen membuat video pembelajaran. FILKOM juga harus bangga menggunakan Panopto dikarenakan Panopto digunakan oleh universitas-universitas ternama di dunia, contohnya Havard University.

Untuk materi kedua ini Fajar banyak menjelaskan tata cara merekam (recording) menggunakan Panopto, dan editing video dengan Panopto.

Terakhir dalam materi ketiga yang disampaikan Denny Sagita Rusdianto, S.Kom., M.Kom. membahas definisi informasi umum mata kuliah, mengaktifkan dan membuat presensi, membuat forum diskusi, berbagi materi perkuliahan, melaksanakan kuis dan ujian yang semuanya dilaksanakan melalui Panopto.

Kegiatan pembelajaran pada Semester Genap tahun ajaran 2020/2021 ini dilaksanakan dalam satu pintu, yaitu melalui platform Eling yang telah diintegrasikan dengan Panopto. (drn/humas UB).