Workshop Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian

Prof. Mohammad Bisri dan Prof. Anton Muhibbudin bersama jajaran Badan Ketahanan Pangan Kementerian PertanianRektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS menjadi narasumber dalam Workshop Pengembangan Value Chain, Kamis (9/6/2016). Kegiatan yang digelar di Hotel Yusro, Jombang ini diselenggarakan selama lima hari oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Koordinator acara Marsuki, TSP., S.Sos.,MM.,M.Si menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengembangan rantai nilai dan pemasaran dalam Peningkatan Kesejahteraan Petani Kecil (PKPK)/ Smallholder Livelihood Development Project in Eastern Indonesia (SOLID).

Rektor memberikan materi dengan topik “Konsep Pengembangan Pertanian Terpadu di Daerah Kepulauan dan Remote Areas“.  Beberapa hal dipaparkan oleh rektor antara lain konsep desain pertanian terpadu yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan lahan di wilayah Maluku dan Maluku Utara, serta solusi dan implementasi desain konsep pertanian terpadu yang efektif dan efisien.

Selain rektor, dosen Fakultas Pertanian Prof. Dr. Muhibbudin turut menjadi pembicara dengan menyampaikan materi “Pengembangan Teknologi Pengolahan Bioethanol dengan Memanfaatkan Sampah Hasil Usaha Rantai Nilai dan Pemasaran”.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara UB dan Universitas Wahab Hasbulloh Jombang. Kerjasama dilakukan dalam hal tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. [Irene]