Website UB Raih Juara 1 Anugerah Humas Dikti 2020

Website UB Juara I Anugerah Humas Dikti untuk yang keempat kalinya.

Universitas Brawijaya (UB) kembali meraih prestasi pada ajang Anugerah Humas Dikti (AHD) 2020, yaitu Juara 1 untuk kategori Pengelolaan Laman, dan Juara Harapan 1 untuk kategori Pengelolaan Media Sosial. Hal ini diumumkan pada acara “Capaian Kinerja, Anugerah Dikti Tahun 2020 serta Proyeksi Kinerja Tahun 2021” yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (23/12/2020), secara daring.

Penilaian dilakukan mulai bulan September 2020 dengan tahapan mengirimkan laporan kegiatan kehumasan pada masing-masing kategori lomba, presentasi kegiatan kehumasan, menampilkan video kegiatan, serta wawancara.

Kepala Sub Bagian Kearsipan dan Humas Kotok Gurito menyampaikan, prestasi ini sebagai anugerah menjelang tutup tahun 2020. “Prestasi terbaik I untuk pengelolaan laman (web) UB sangat membanggakan karena menang untuk keempat kalinya sejak 2017 sampai sekarang. Untuk medsos dan bidang lainnya akan kita tingkatkan lagi dimasa yang akan datang,” katanya.

Peserta AHD terdiri dari PTN Badan Hukum (PTN-BH), PTN adan Layanan Umum (BLU), PTN Satuan Kerja, dan LLDikti. Ada pun kategori yang diberikan dalam anugerah ini meliputi pengelolaan laman, media sosial, konferensi pers dan siaran pers, majalah, insan humas terpopuler, dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui LAPOR!

Media Sosial UB Raih Juara Harapan 2 Anugerah Humas Dikti 2020

Kriteria penilaian untuk kategori Laman antara lain bounce rate (persentase jumlah pengunjung yang mengakses dalam satu hari dibagi total jumlah pengunjung), page per-session (jumlah halaman yang diakses dalam satu kali kunjungan), dan duration (rata-rata durasi kunjungan) yang tercermin dalam google analytic. Sementara itu penilaian dalam kategori Media Sosial antara lain ragam media sosial, engagement rate melalui social media analytic, seperti insight Facebook dan Instagram).

Penilaian dilakukan oleh Tim Juri Independen yang terdiri dari Ade Kadarisman, S.Sos., M.T., M.Sc (Akademisi dari Universitas Padjadjaran-UNPAD Bandung), Donny, B.U. S.T., M.Si, Wicaksono, dan Ester Lince Napitupulu.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D dalam kegiatan ini menuturkan, Anugerah Humas Dikti merupakan bentuk penghargaan yang diberikan dari hasil pemantauan dan evaluasi kinerja humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), serta menjadi pengukuran terhadap kinerja humas.

“Selamat kepada rekan-rekan humas di perguruan tinggi, kami mengapresiasi seluruh upaya selama ini untuk membawa kabar baik dari kampus ke masyarakat. Perguruan tinggi harus selalu bisa menjadi mata air bagi masyarakat dan mencerahkan kehidupan bangsa,” pungkas Nizam. [Irene]