Wakil Rektor 1 Buka Library Class: Go Scopus Series Batch 4

UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Library Class dengan tema: “Go Scopus Series Batch 4: Penggunaan AI Platform untuk Pencarian Referensi dari Scopus.” Kegiatan yang diadakan di Ruang Pertemuan 1, Gedung Perpustakaan UB Lantai 1 tersebut bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan e-resources yang dilanggan perpusatakaan dan membantu mahasiswa dan dosen menulis Tugas Akhir dan Penelitian.
Library Class dibuka Wakil Rektor UB Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, yang secara resmi membuka pelatihan ini. Para peserta dalam acara ini adalah mahasiswa Program Doktor UB yang berkomitmen untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam penelitian akademik.

Pelatihan ini dibawakan oleh dua pemateri ahli, yaitu Bapak Ir. Hery Prayitno dan Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si., M.Si.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP, mengatakan, pelatihan ini adalah langkah maju dalam upaya Perpustakaan UB untuk mendukung perkembangan akademik para mahasiswa Program Doktor. Pemanfaatan teknologi AI adalah wujud dari komitmen UB dalam memberikan pendidikan yang relevan dan berdaya saing.

Wakil Rektor 1 menuturkan bahwa materi-materi yang diberikan dalam pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa Program Doktor agar lebih maksimal dan cepat dalam mengerjakan disertasi. Beliau menghimbau agar para mahasiswa mengerjakan disertasi di kampus supaya lebih konsentrasi dan tidak ada gangguan. Kampus sudah tidak ada pandemi maka fasilitas-fasilitas di kampus harus dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itulah Prof. Imam menghimbau agar Perpustakaan UB dibuat lebih nyaman dengan melengkapi fasilitas yang lengkap.

Selain itu juga jam layanan Perpustakaan UB diperpanjang sampai jam 9 malam agar mahasiswa lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas akhir di lingkungan kampus. Ke depannya Perpustakaan UB akan full support berkaitan dengan penulisan tugas akhir, para pustakawan akan membantu dalam hal teknik penulisan. Wakil Rektor 1 menghimbau agar para peserta menginformasikan Library Class kepada teman-temannya.

Kepala Perpustakaan UB menambahkan bahwa Perpustakaan UB sudah melengkapi fasilitas dalam rangka persiapan jam buka malam yaitu menyediakan fasilitas water heater di kamar mandi yang diperuntukkan bagi pengunjung perpus agar makin betah.

Pada Batch 4 dari seri pelatihan “Go Scopus Series,” para peserta diajarkan tentang cara instal dan menggunakan berbagai alat dan platform AI yang dapat mendukung penelitian mereka, termasuk instalasi dan Penggunaan EduVPNUB: Peserta belajar cara mengakses EduVPNUB, yang merupakan alat kunci untuk mengakses berbagai sumber penelitian secara online, penggunaan Publish or Perish: Pelatihan melibatkan pengenalan alat ini yang membantu dalam mengevaluasi dampak penelitian dan menemukan referensi yang relevan, penggunaan Perplexity. Melalui aplikasi ini peserta diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam tentang metode Perplexity yang berguna dalam mengukur kompleksitas teks dan menganalisis literatur, serta materi meliputi penggunaan ChatGPT AI, yang membantu para mahasiswa dalam pencarian referensi dan menjawab pertanyaan penelitian mereka.

Ir. Hery Prayitno berharap para peserta pelatihan akan merasakan manfaat besar dari teknologi AI ini, yang akan membantu mereka dalam mempermudah pencarian referensi dan meningkatkan produktivitas penelitian mereka.

Pelatihan “Go Scopus Series Batch 4” ini adalah salah satu wujud dari pendekatan inovatif UB dalam mendukung para mahasiswa Program Doktor dalam mencapai keunggulan kompetitif dalam dunia akademik yang semakin kompleks. Melalui pelatihan ini, perpustakaan¬† berharap bahwa para mahasiswa akan mampu menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang berdampak positif pada pengembangan ilmu pengetahuan. (*/OKY/Humas Ub)