UTBK Gelombang 2 di UB Diikuti 888 Peserta

UTBK Gelombang 2 di UB Diikuti 888 Peserta

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang dua di Universitas Brawijaya (UB) diikuti 888 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari, Sabtu-Selasa (28 Mei-2 Juni 2022).

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B menyampaikan, pelaksanaan UTBK gelombang dua ini secara umum sama dengan gelombang pertama, baik untuk alur peserta maupun protokol kesehatan.

“Jadi sebelum pintu masuk ruangan, mahasiswa diwajibkan mencuci tangan dan memakai masker, lalu menuju ruang transit untuk meninggalkan tas, dan hanya masuk ruangan tes dengan membawa identitas diri, kartu peserta, dan ijazah, dengan melalui pemeriksaan metal detector,” papar Heri.

Sebelum masuk ruangan, peserta harus dipastikan tidak membawa alat perekam, kamera, atau alat komunikasi dengan metal detector. Hal ini sudah dilakukan pada UTBK gelombang pertama, dan sudah membantu mencegah terjadinya kecurangan.

“SOP nya sama, dan pada gelombang pertama kemarin tidak ditemukan pelanggaran atau kecurangan. Semoga pada gelombang dua ini juga berjalan dengan tertib,” kata Heri.

Perlu diketahui, pada UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di UB pada gelombang pertama yang telah dilaksanakan 17-23 Mei 2022 lalu tercatat diiikuti 17.792 peserta. Yang tidak hadir sejumlah 807 peserta. Sehingga prosentase kehadiran peserta pada UTBK gelombang pertama sebesar 95,66 persen. [Irene]