Unmuh Purworejo Jadikan FILKOM Percontohan Dalam Persiapan Akreditasi Nasional

Program Studi Teknologi Informasi (TI) di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melaksanakan kunjungan penting ke Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Jum’at (16/6/2023), . Kunjungan ini dilakukan dalam rangka persiapan akreditasi Program Studi Teknologi Informasi di UMP, yang merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan pengakuan nasional terhadap program studi tersebut.

Kunjungan tim dari Program Studi TI UMP ke FILKOM UB disambut dengan baik oleh Dekan FILKOM UB, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D, serta Ketua Prodi TI, Ir. Widhy Hayuhardhika N P, S.Kom., M.Kom. Mereka memberikan sambutan hangat dan siap membantu memberikan masukan serta saran dalam persiapan akreditasi yang dijalani oleh Program Studi TI UMP.

“Selain berdiskusi mengenai persiapan akreditasi dari Program Studi TI UMP, nantinya diharapkan juga terjadinya kerjasama antara FILKOM dengan UMP sebagai langkah yang positif dalam memperkuat hubungan antara kedua universitas,” sambut Prof. Wayan.

Dari pihak UMP sendiri dihadiri oleh Dekan FT, Agung Setiawan, ST; Kaprodi TI, Murhadi S.Pd.T., M.Eng beserta Sekprodi, Ketua Lab dan beberapa dosen dari Program Studi TI. Selama kunjungan tersebut, anggota tim dari Program Studi TI UMP berkesempatan untuk bertemu dengan beberapa dosen dan staf FILKOM UB yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam proses akreditasi program studi. Mereka menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil, persyaratan yang harus dipenuhi, serta kriteria yang akan dievaluasi oleh badan akreditasi.

Selain itu, tim dari Program Studi TI UMP juga mendapatkan kesempatan untuk mempelajari pengalaman FILKOM UB dalam proses akreditasi prodi mereka yang telah sukses mendapatkan akreditasi yang baik. Mereka berbagi informasi mengenai strategi yang telah mereka terapkan, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang ditemukan selama proses akreditasi.

Kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi tim dari Program Studi TI UMP untuk melihat langsung fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki oleh FILKOM UB. Mereka dapat mengamati secara langsung sistem pembelajaran, laboratorium komputer, dan sarana lainnya yang mendukung kegiatan akademik di FILKOM UB.

Kaprodi TI FILKOM, Widhy Hayuhardhika, menyambut baik kunjungan tersebut dan menyatakan komitmennya untuk mendukung Program Studi TI UMP dalam upaya akreditasi. Dia menekankan pentingnya kerjasama antarlembaga pendidikan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan menyambut dengan baik kolaborasi dalam bidang akreditasi prodi TI.

Kunjungan ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi persiapan akreditasi Program Studi Teknologi Informasi di UMP. Dengan mempelajari pengalaman FILKOM UB dan mendapatkan panduan serta bimbingan dari staf dan dosen yang berpengalaman, Program Studi TI UMP diharapkan dapat memperkuat program studi mereka dan meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka tawarkan.

Program Studi Teknologi Informasi di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo telah menunjukkan komitmen mereka dalam menjalani proses akreditasi yang transparan dan profesional. Dengan dukungan dari FILKOM UB, diharapkan Program Studi TI UMP dapat meraih akreditasi yang baik dan menjadi salah satu program studi yang unggul dalam bidang teknologi informasi di tingkat nasional.[drn/Humas UB]