Universitas Brawijaya Menjadi Tuan Rumah KMI Expo XII 2021

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo kembali digelar. Tahun ini, Universitas Brawijaya terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan KMI Expo XII 2021 yang akan berlangsung dari tanggal 17 November sampai dengan 19 November 2021. Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo sendiri merupakan sebuah event tahunan bertaraf nasional yang menghadirkan berbagai jenis lomba kewirausahaan untuk seluruh mahasiswa Indonesia. KMI Expo ini merupakan salah satu program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan yang dimiliki oleh para mahasiswa.

Tema yang dipilih sebagai tombak bagi seluruh rangkaian acara KMI Expo XII 2021 yaitu “Collaboration and Sinergy”. Dasar pemilihan tema ini dimaksudkan sebagai bentuk keselarasan dalam memaknai kegiatan KMI Expo XII 2021 yang dapat menciptakan ruang dalam berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi untuk mewujudkan keselarasan dalam kegiatan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang. 

Sebagai event tahunan, rangkaian KMI Expo akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut dengan pelaksanaan acara secara blended (online dan offline). Demi terciptanya tujuan acara yang diharapkan, KMI Expo akan ditayangkan langsung secara virtual melalui host platform Universitas Brawijaya dan bertempat di Gedung Samantha Krida, Widyaloka, dan Gedung lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Berbekal kreasi dan inovasi yang dimiliki, panitia KMI Expo 2021 merancang rangkaian acara terbaik dalam rangka menciptakan daya aktif dan kreatif antar delegasi dengan dunia industri maupun masyarakat umum.

Tahun ini, KMI Expo 2021 mempunyai 2 bentuk kegiatan utama dan pendukung. Kegiatan utama tersebut berisi beberapa event menarik di antaranya Pameran dan Bazar Produk, KMI Award, Lomba Start Up, dan PWMI.

Tidak hanya itu, kegiatan utama KMI Expo 2021 juga disandingkan dengan beberapa kegiatan pendukung lainnya yang ikut mewarnai acara seperti Kompetisi Poster, Essay, Business Case, Kompetisi Cafe Mahasiswa Indonesia, Booth Sponsorship, dan TikTok Kewirausahaan.

Kegiatan non kompetisi menarik lain yang juga turut disertakan seperti Kuliah Umum Kewirausahaan, Talkshow Kewirausahaan, Sarasehan Forkomawa, Sarasehan Forum Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia, serta Sarasehan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). Oleh sebab itu, diharapkan mahasiswa sebagai generasi muda dapat berpartisipasi aktif dalam event KMI Expo 2021.