UB Tuan Rumah GEMASTIK XVI, Diikuti 70 Perguruan Tinggi

Foto Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D Saat Menyerahkan Piala Bergilir ke WR III Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H
Foto Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D Saat Menyerahkan Piala Bergilir ke WR III Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H

Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XVI Tahun 2023. Babak final kegiatan ini diselenggarakan secara luring, Selasa-Jumat (12/9-16/9/2023), dan diikuti oleh 221 tim dari 70 perguruan tinggi yang terbagi dalam 11 divisi lomba.

FOTO Ketua GEMASTIK XVI Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom
FOTO Ketua GEMASTIK XVI Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom

Ketua GEMASTIK XVI Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom mengatakan, GEMASTIK merupakan kompetisi pada bidang TIK yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek di bawah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Tahun ini jumlah total peserta sebelum dinyatakan lolos ke babak final adalah 2.781 tim dari 315 perguruan tinggi.

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D saat memberikan sambutan menyampaikan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional. SDM yang berdaya saing perlu dilengkapi dengan penguasaan IPTEK sebagai katalis pertumbuhan ekonomi untuk kemajuan bangsa.

“Kemdikbudristek berkomitmen memfasilitasi generasi muda bertalenta. Salah satunya melalui penyelenggaraan GEMASTIK untuk menguji dan meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap TIK sekaligus meningkatkan kepedulian dan kesadaran mahasiswa dalam manfaatkan IPTEK untuk menghasilkan produk inovasi berdaya saing tinggi,” ungkap Tatang.

Menurutnya, peserta GEMASTIK tidak hanya unggul dalam bidang TIK, melainkan mendapat kesempatan berkolaborasi dalam membentuk karakter mahasiswa yang berprestasi, kreatif tangguh, dan cinta tanah air. Hal ini sejalan dengan kebijakan MBKM yang mendorong mahasiswa unggul dalam akademik dan menjadi individu yang inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Penyerahan Piala Bergilir GEMASTIK dari pemenang tahun sebelumnya

Semua kegiatan selama pelaksanaan GEMASTIK disiarkan secara streaming melalui kanal Youtube UB, dengan tujuan sebagai pembelajaran bagi tim yang akan berjuang di tahun depan. Arif Rahman juga mengucapkan selamat bertanding dan berharap para peserta menjunjung tinggi sportivitas seperti slogan GEMASTIK “Jujur itu Juara!”

Dalam laporannya, Arif Rahman menyampaikan betapa pentingnya GEMASTIK sebagai ajang bergengsi dalam dunia kompetisi mahasiswa TIK di Indonesia. Tahun ini kegiatan final dilaksanakan sepenuhnya secara luring dimana di tahun sebelumnya kegiatan final dilaksanakan secara hybrid karena faktor pandemi.

Arif Rahman juga menyampaikan bahwa FILKOM UB juga telah menyiapkan 28 ruang untuk kegiatan final yang terbagi di masing-masing gedung, ada juga yang bertempat di ruang aula atau auditorium (Auditorium Algoritma).  Selain itu FILKOM juga menyediakan ruang transit bagi para peserta sebelum memasuki ruang lomba agar peserta mahasiswa dapat lebih siap ketika lomba dimulai.

Sementara itu. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa, Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H menyampaikan bahwa GEMASTIK merupakan wadah penting untuk menyalurkan kreativitas, pemikiran inovatif, serta kemampuan teknologi mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Sebagai tuan rumah, UB merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Puspresnas dan Kementerian. GEMASTIK diharapkan akan menjadi wadah inspirasi bagi para mahasiswa TIK untuk terus berinovasi dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat melalui teknologi,” kata Noerdajasakti.

Noerdajasakti menambahkan selain sebagai kegiatan kompetisi, harapannya para peserta lomba dapat memperluas pengetahuan, jejaring, dan relasi di antar universitas sehingga kelak akan tumbuh pemimpin-pemimpin yang ahli di bidang TIK bagi Indonesia.

Tahun ini Kontingen UB diwakili sejumlah 9 tim dimana 7 tim dari FILKOM dan 2 tim dari FT (Fakultas Teknik). Selama 3 (tiga) hari kedepan, seluruh peserta akan melakukan kegiatan final di FILKOM UB dan ditutup pada Jum’at (15/9/2023) di Gedung Samantha Krida.

Berikut jumlah peserta GEMASTIK XVI yang masuk babak final dari 11 divisi lomba yang diumumkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Puspresnas Kemdikbudristek. (1) Pemrograman (Programming) = 20 peserta. (2) Keamanan Siber (Cyber Security) = 20 peserta. (3) Penambangan Data (Data Mining) = 20 peserta. (4) Desain Pengalaman Pengguna (UX Design) = 20 peserta. (5) Animasi (Animation) = 20 peserta. (6) Kota Cerdas (Smart City) = 20 peserta. (7) Karya Tulis TIK (ICT Scientific Science) = 21 peserta. (8) Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development) = 20 peserta. (9) Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IoT (Smart Device, Embedded System & IoT) = 20 peserta. (10) Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development) = 20 peserta. (11) Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development) = 20 peserta.

Dari UB tercatat ada 11 tim yang lolos mengikuti GEMASTIK 2023. Informasi tentang GEMASTIK dapat dilihat  pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id/. [Irene&DRN/OKY/Humas UB].