UB Terima Delegasi dari Institute Francais Indonesia dan Campus France

Universitas Brawijaya (UB) pada Selasa (25/01/20220) menerima Delegasi dari Institute Francais Indonesia dan Campus France. Delegasi yang dipimpin langsung oleh Atase Pendidikan Perancis untuk Indonesia Thierrry Goubier diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Internasionalisasi Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati., MS., IPU., ASEAN Eng.

Bertempat di Ruang Jamuan Lantai 6 Rektorat UB, Direktur IFI Surabaya, Sandra Vivier menjelaskan bahwa Prancis dan Indonesia, khususnya Universitas Brawijaya memiliki tradisi kerjasama yang panjang. Dimana banyak Profesor dan doktor UB yang merupakan alumni dari kampus-kampus di Prancis. Oleh karena itu melalui kesempatan tersebut Vivier berharap adanya peningkatan hubungan kerjasama bilateral baik melalui pertukaran akademisi, pertukaran pelajar dan juga peningkatan kerjasama bidang akademik lainnya.

“Kunjungan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan saling pengetahuan dan untuk mendapatkan update tentang kerjasama bilateral. Karena Prancis memimpin Uni Eropa, dan Indonesia memimpin G20, bahwa hubungan bilateral sangat positif, kita dapat melihat masa depan yang cerah untuk kerja sama akademik antara Perancis dan Indonesia dan kami berharap Universitas Brawijaya dapat menjadi bagian di dalamnya,” harapnya.

Sedangkan Atase Pendidikan Perancis untuk Indonesia Thierrry Goubier dalam kesempatan tersebut juga memaparkan tentang kajiannya dengan judul “Research Funding in Higher Education and Research” dimana dijelaskan, bahwa saat ini Kedutaan Besar Prancis sedang fokus pada kerja sama di bidang komputer dan teknologi digital, energi terbarukan serta kedokteran. Selain itu pemaparan presentasi juga mencakup informasi tentang mobilitas mahasiswa PhD dan Master yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa UB yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di Prancis.

Meskipun demikian dijelaskan Goubier, delegasi tidak menutup kemungkinan untuk berdiskusi dengan fakultas mana pun yang sudah terlibat dan atau berencana untuk mengembangkan kerjasama dengan Prancis, seperti halnya Fakultas Teknologi Pertanian UB yang telah melaksanakan kerjasama dengan Supagro Montpellier Prancis.

Dalam kesempatan tersebut delegasi juga melaksanakan kunjungan ke beberapa laboratorium yang ada di UB, diantaranya Laboratorium milik FILKOM, Lab Fakulatas Pertanian serta Lab Fakultas Kedokteran. [ronny/humasub]