UB Tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kabupaten Kota Waringin Barat

Bertempat di Ruang Jamuan Lantai VI Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB). Selasa (18/01/2022) Universitas Brawijaya menerima kunjungan dari Kabupaten Kota Waringin Barat. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kota Waingin Barat Ibu Hj. Nurhidayah, SH., MH di sambut langsung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.

Dalam sambutannya Prof. Nuhfil menyapaikan kegembiraannya akan kerja sama dan penandatanganan MoU kali ini. Disampaikan bahwa UB saat ini telah memiliki kerja sama lebih dari seribu (1000) kerja sama baik itu dengan Perguruan Tinggi, instansi pemerintah dan maupun swasta dan juga sudah hampir empat ratusan (400) kerjasama internasional.

“Universitas yang hebat itu bukan berdiri sendiri tetapi banyak bekerja sama. Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kerjasama denga Kota Waringin Barat ini dimana kerja sama bisa dalam bidang apapun, mulai bidang pendidkan, bidang penelitian/research, pengembangan inovasi dan sebagainya,” ujar Rektor.

Ditambahkan Rektor, UB saat ini juga banyak memiliki pusat-pusat kajian atau pusat penelitian baik yang ada di Universitas maupun di Fakultas sehingga nantinya dalam tanda kutip bisa dimanfaatkan oleh Bupati untuk bekerjasama demi kemajuan bersama.

Senada dengan Rektor, Bupati Kota Waringin Barat Hj. Nurhidayah, SH., MH., dalam sambutannya meyampaikan bahwa kerja sama ini bukan kali pertama dilakukan antara pemerintah Kabupaten Kota Waringin Barat dengan UB. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut komitmen pemerintah Kota Waringin Barat untuk melanjutkan program kerja atau kegiatan yang dimulai sejak 4 september 2017 hingga saat ini. MoU kali ini merupakan salah satu kerja sama tindak lanjut dari RPJMD 2017/2022 dan juga pendampingan untuk RPD 2023/2026 yang akan tetap menggandeng UB.

“Pak Andi (Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D/Dekan FIA UB) dari awal mengawal RPJMD 2017/2022 Kota Waringin Barat dan InsyaAllah nanti dalam penyusunan RPD tahun 2023/2026 jadi kita tetap menggandeng UB supaya ini ada kesinambungan dan berkelanjutan dari program-program, visi misi kepala daerah yang tentunya ini untuk mengacu kita dalam pembangunan percepatan di Kota Waringin Barat,” jelas Nurhidayah.

Ditambhkan Nurhidayah, rencana kerja sama ini tentunya tidak terlepas dari potensi dari Kota Waringin Barat yang mana cukup memberikan ruang untuk kedepan pengembangan percepatan pembangunan Kalimantan Tengah secara umum dan khususnya Kabupaten Kota Waringin Barat yang memiliki potensi sangat beragam.

“Selain memang saat ini Kota Waringin Barat sedang berbenah melakukan evaluasi pembenahan-pembenahan disektor baik itu migas, serta penyusunan pembangunan baik itu pariwisata, pertanian dalam arti luas dan juga infrstruktur. Maka dalam kesempatan ini ada beberapa hal yang juga kami melihat di UB karena memang kami sudah berkomunikasi sejak awal dan InsyaAllah didalam kerjasama ini ada bebrapa hal yang akan kita kerja samakan,” pungkas Nurhidayah.

Selain penadatanganan MoU yang dilakukan oleh Rektor UB dengan Bupati Kota Waringin Barat, pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan PKS antara Kepala Bappeda Kota Waringin Barat dengan Dekan FIA dan juga Dekan FTP. (ronny/humasub)