UB Raih Gold Rank Dalam Ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023

Andi Kurniawan S.Pi., M.Eng. D.Sc. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi) menerima penghargaan Gold Rank 'Public Sector Category'
Andi Kurniawan S.Pi., M.Eng. D.Sc. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi) menerima penghargaan Gold Rank ‘Public Sector Category’

National Center for Corporate Reporting (NCCR) kembali sukses menyelenggarakan upacara pemeringkatan Asia Sustainability Report Rating (ASRRAT) 2023 di Hotel Raffles, Jakarta, Senin (6/11/2023). Dengan tema “Navigating the Path to Net Zero: ”Accelerating Climate Action In Asia,” acara ini diikuti oleh 68 perusahaan dan organisasi yang berdedikasi terhadap transparansi, akuntabilitas, serta upaya untuk mengukur dan memitigasi risiko dampak lingkungan dan sosial.

Prestasi gemilang diraih oleh Universitas Brawijaya, yang berhasil meraih penghargaan Gold Rank dalam kategori ‘Public Sector Category’ di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023. Dari 39 organisasi yang menerima peringkat emas untuk keberlanjutan, UB tampil sebagai salah satu yang unggul.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi, Andi Kurniawan S.Pi., M.Eng. D.Sc. Andi Kurniawan dalam momen tersebut didampingi oleh Direktur Pusat Studi Kampus Luar (PSDKU) UB Kampus Jakarta, Prof. Drs. Gugus Irianto, MSA. PhD. Ak., dan Prof. Eko Ganis Sukoharsono SE., M.Com.Hons., Ph.D.

Dalam keterangannya, Andi Kurniawan menjelaskan bahwa UB telah mempersiapkan laporan diri untuk menunjukkan hasil evaluasi diri terkait parameter yang dapat menunjukkan “keberlanjutan” UB sebagai salah satu institusi publik. Evaluasi ini melibatkan parameter seperti tata kelola organisasi, komitmen terhadap perkembangan organisasi, komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, dan praktik terbaik dalam penyelenggaraan organisasi.

Menurut Andi, penghargaan Gold Rank ini adalah bukti dari upaya UB untuk terus mengevaluasi diri dan mengadopsi standar-standar praktik terbaik dalam penyelenggaraan organisasi. “Didapatkannya status Gold Rank menunjukkan bahwa UB mampu menjaga kualitas dan keberlanjutan sejajar dengan perusahaan-perusahaan ternama dan sektor publik terkemuka di tingkat nasional bahkan dunia,” tambah Andi

Penghargaan ini tidak hanya menjadi prestasi semata, tetapi juga menjadi pendorong bagi UB untuk terus melakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas dan reputasinya. Universitas Brawijaya berkomitmen untuk tetap menjadi lembaga yang berkualitas dan berkeberlanjutan, sejalan dengan visi global tentang aksi iklim dan pembangunan berkelanjutan.(WDD/Humas UB)