UB Menjadi Tuan Rumah Kegiatan SATRIA DATA 2023 : Tingkatkan Kompetensi di Bidang Statistika dan Sains Data.

Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah pagelaran kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) yang diadakan di Auditorium Algoritma – Gedung 2 Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UB pada Senin, 21 Agustus 2023. Dengan mengusung tema “Innovating with Data : Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi, dan Membangun Negeri”, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang statistika dan sains data, serta memberikan fasilitas bagi mereka untuk mengembangkan minat dan motivasi dalam bidang tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan termasuk Wakil Rektor, para Dekan, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Direktur Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan di Lingkungan UB bersama para dewan juri dan peserta finalis Satria Data.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H., mengucapkan terima kasih kepada Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang telah mempercayakan kampus UB sebagai koordinator pelaksana SATRIA DATA tahun ini. ia menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah memperkenalkan lebih luas bagaimana bidang statistika dan sains data memiliki dampak yang cukup masif bagi perkembangan teknologi dan profesi data analyst di era sekarang. Selain itu, perkembangan teknologi terbarukan seperti machine learning, pengaplikasian artifical intelligence serta pemahaman secara fundametal tentang karakteristik dan fungsi big data juga sangat diperlukan dalam aktivitas digital sehari-hari. “UB memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan softskill mahasiswa melalui serangkaian kompetisi bidang akademik dan non-akademik, salah satunya adalah Satria Data, dimana kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan para praktisi data scientist agar mampu bersaing dalam dunia industri modern, terutama negara-negara Asia lebih dulu berkontribusi di bidang tersebut, seperti Cina, Jepang, maupun Korea Selatan dengan hasil produk teknologinya yang telah memiliki dampak kemajuan global,” tambahnya.

Ketua panitia SATRIA DATA, Chomsin S Widodo, MSi., PhD, dalam laporannya juga menyampaikan  bahwa acara ini diikuti oleh 625 mahasiswa dari 57 Perguruan Tinggi, dengan 34 program studi, terdapat 5 pemateri dari berbagai institusi dan praktisi yang terlibat dalam kegiatan ini. Setelah melewati tahapan seleksi, Babak final Satria Data berhasil diikuti oleh 122 mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu Statistic Essay Competition (SEC) terdiri dari 13 tim dengan jumlah 39 Mahasiswa, Big Data Challenge  (BDC) terdiri dari 12 tim 35 Mahasiswa, Statictis Infografic Competition (SIC) terdiri dari 12 tim 36 mahasiswa, serta National Statistic Competition (NSC) Individu dengan 12 mahasiswa. “Tahun ini keikutsertaan peserta tidak dibatasi seperti tahun-tahun sebelumnya dan Satria Data dibuka untuk seluruh mahasiswa yang tercatat di PDDIKTI,” kata Chomsin.

Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, selaku Rektor UB memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada peserta lomba dari 22 Perguruan Tinggi yang telah berhasil lolos hingga babak final. Ia menekankan pentingnya membumikan kultur masyarakat dengan pemahaman dan penggunaan sains dalam kehidupan sehari-hari, membentuk critical mass bersama generasi muda menumbuhkan perilaku yang lebih aware terhadap pengaplikasian sains secara luas, dan tentunya analisis data merupakan salah satu bagian dari sains. “Apabila hal ini terus kita pelihara secara baik dan berkelanjutan, maka kedepannya para generasi muda dapat menciptakan iklim kemajuan bersosial, bermasyarakat, bahkan bernegara melalui pengambilan keputusan serta tindakan berdasarkan data dan fakta.  Acara SATRIA DATA 2023 di UB menjadi momentum berharga bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan di bidang statistika dan sains data, serta menjalin kolaborasi yang tepat guna agar mampu mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air,” pungkasnya. (WHY/Humas UB)