UB Kurban 37 Hewan pada Idul Adha 1445 H

Universitas Brawijaya (UB) pada Idul Adha 1445 H berkurban 37 hewan yang terdiri dari 30 ekor kambing dan 7 sapi. Berdasarkan data yang didapat dari Pusat Pembinaan Agama (PPA), 30 ekor kambing disalurkan ke sejumlah Desa Binaan, masjid hingga lembaga sosial di Malang Raya. Sedangkan sisanya disembelih di Gazebo Raden Wijaya UB, Senin (17/6/2024).

“Sebanyak 14 ekor kambing disalurkan ke masjid dan mushola, delapan ekor yang lain disalurkan ke lembaga pendidikan, lima lembaga sosial, satu desa binaan, dan dua ekor kambing di panti asuhan. Masing-masing lembaga tersebut diberikan satu ekor kambing, ” kata ustadz Sugeng Santoso, M.Pd. I selaku panitia dari PPA UB.

Dia menambahkan hewan kurban yang diberikan UB diharapkan bisa dapat memberikan manfaat warga yang tersebar di Malang raya.

Foto Drs. HM. Subky Hasby, M. Ag dari PPA UB Membantu Memasukkan Daging Kurban ke Dalam Kantong Plastik. Dokumentasi Ibrahim (Humas UB)
Foto Drs. HM. Subky Hasby, M. Ag dari PPA UB Membantu Memasukkan Daging Kurban ke Dalam Kantong Plastik. Dokumentasi Ibrahim (Humas UB)

Sementara itu, sepuluh hewan kurban yang tidak disalurkan dibagikan untum sivitas akademika seperti bagian keamanan, tenaga kebersihan, teknisi hingga cleaning service.

“Panitia kurban menyediakan 1.500 kupon pengambilan daging kurban di UB,” katanya.

Untuk menunjang pelaksaan kegiatan penyembelihan hewan kurban, panitia juga menggandeng tim dari FKH UB untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.

Berdasarkan hasil pemeriksaan semua hewan kurban sehat namun ada tiga ekor sapi dengan cacing fasciola di hati.

“Dari ketiganya ada satu sapi yg hati nya di afkir total atau di buang. Dan pada satu sapi terakhir ditemukan hydropericard karena gangguan pada sistem pembuluh darah, namun bukan termasuk penyakit menular,” kata Ketua tim Analis Wisnu Wardhana, Drh., M.Biomed. (ROM/OKY/Humas UB).