UB Kampus Dengan Peserta Lolos MSIB VI Terbanyak Tahun Ini

Universitas Brawijaya (UB) menjadi kampus dengan peserta lolos Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) VI terbanyak atau sekitar 2.148 (72 prodi) di tahun ini. MSIB merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di berbagai perusahaan dan instansi.

Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A.., selaku Koordinator Perguruan Tinggi MSIB mengatakan mahasiswa UB yang lolos tersebar di 167 mitra, seperti GOTO, Traveloka, BUMN, dan Perusahaan Swasta Multi Nasional.

“Kami mencatat ada lebih dari 6.678 mahasiswa yang mendaftar dari jenjang sarjana maupun vokasi yang mendapat rekomendasi. Allhamdulillah banyak yang diterima, ” kata Intan.

Intan menambahkan, MSIB VI terdapat perubahan yang cukup signifikan pada tahapan pendaftaran yang telah dilakukan secara digital terutama pada dokumen Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

“Perubahan ini menyebabkan kami cukup kebingungan di awal namun dengan koordinasi intensif terutama dengan pihak DALA dan ISS-MBKM, kami mendelegasikan tugas kepada setiap penanggung jawab prodi untuk melakukan verifikasi atas data mahasiswa yang masuk setiap harinya. Rekomendasi kemudian diberikan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi melalui DALA,” katanya.

Intan Sari Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A
Intan Sari Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A

Intan berbagi sedikit berbagi pengalaman di fakultas, salah satunya Fakultas Ilmu Komputer. Dikatakannya, salah satu cara agar bisa mengirim mahasiswa terbanyak di antara fakultas yang lain adalah dengan melibatkan dosen penasehat akademik untuk memberikan konsultasi kepada mahasiswa terkait perusahaan dan posisi yang sebaiknya dilamar

Para dosen juga berperan penting dalam hal ini dengan memberikan konsultasi kepada mahasiswa terkait perusahaan dan posisi yang sebaiknya dilamar sesuai dengan minat dan jurusan yang diambil. Dengan begitu, mahasiswa dapat lebih mudah dalam mencari mitra untuk tempat magang.

“Salah satu cara kami bisa mengirim banyak mahasiswa adalah dengan melibatkan dosen penasehat akademik untuk memberikan masukan kepada mahasiswa,” katanya.

Sebelumnya, UB juga pernah menjadi perguruan tinggi dengan peserta MSIB terbanyak pada batch IV.

“Banyaknya pendaftar yang ikut dalam program MSIB merupakan hasil dari berbagai upaya yang dilakukan UB dalam mensosialisasikan dan mendorong mahasiswa untuk mengikuti progam MBKM,” kata Intan. (FB/OKY/Humas UB)