UB Gelar Rakerpim

Rektor UB Prof Nuhfil

Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) selama lima hari (29/1-2/2/2020).
Rakerpim membahas Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi mulai dari kualitas kurikulum dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani menjelaskan Indikator Kinerja Utama bidang kurikulum dilihat dari kemampuan dosen mengajar, kualitas lulusan, dan kualitas kurikulum.
“Ini yang jadi kontrak kinerja dengan Kemendikbud,”katanya.

Mantan Dekan FP tersebut mencontohkan kualitas lulusan diharapkan mempunyai pengalaman di luar kampus seperti magang, riset berwirausaha, dan pertukaran pelajar.

Kualitas dosen dinilai dari upaya bekerja di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, dan hasil kerja dosen (seperti riset) yang mendapat pengakuan internasional serta bisa diimplementasikan ke masyarakat.

Sementara dari segi kualitas kurikulum dilihat dari program studi berstandar internasional, kelas yang kolaboratif partisipatif, serta prodi bekerjasama dengan mitra kelas dunia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am, drh., D.E.S., menjelaskan tujuan utama pengembangan perguruan tinggi, yaitu lulusan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan berpenghasilan yang layak, dosen lebih mengerti kebutuhan industri dan masyarakat, serta kurikulum lebih mengasah keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah.

Dalam rapim tersebut juga diisi dengan diskusi mandiri di masing-masing lembaga, unit, atau BPU dan diikuti dengan pemaparan kontrak kinerja dan di hari terakhir penandatanganan kontrak kinerja rektor dengan dekan, wakil dekan, direktur Vokasi, direktur Pascasarjana, direktur PSDKU Kediri, Ketua Lembaga, Kepala UPT, dan BPU. (OKY/Humas UB)