UB Gelar Kompetisi Pelayanan Publik

UBPSA
Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau UB Public Service Awards (UBPSA) atau Anugerah Pelayanan Publik Universitas Brawijaya.

UBPSA berupaya mendorong unit-unit pelayanan di lingkungan UB untuk memunculkan inovasi pelayanan publik secara kompetitif. Kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan dampak pada  kinerja dan kualitas pelayanan publik unit-unit pelayanan di lingkungan UB.

“UBPSA diharapkan juga bisa berperan dalam memproduksi inovasi pelayanan publik yg berkontribusi pada penyelesaian masalah pelayanan di Indonesia, serta mendukung visi UB sebagai kampus pelopor dan pembaharu,”kata Tim Reformasi Birokrasi Manajer Area Pelayanan Publik, yakni Wawan Sobari, S.IP., MA., Ph.D

UBPSA 2022 merupakan yang pertamakalinya dan merupakan inisiatif tahun pertama yang terus diselenggarakan pada tahun-tahun mendatang sebagai salah satu upaya mendorong reformasi birokrasi di lingkungan UB.

Kriteria Inovasi Inovasi yang diikutsertakan dalam UBPSA wajib memenuhi seluruh kriteria sebagai berikut:

  1. Memiliki kebaruan, yaitu memperkenalkan gagasan yang unik, pendekatan yang baru dalam penyelesaian masalah, atau kebijakan dan desain pelaksanaan yang unik, atau modifikasi dari inovasi pelayanan publik yang telah ada, untuk penyelenggaraan pelayanan publik;
  2. Efektif, yaitu memperlihatkan capaian yang nyata dan memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan;
  3. Bermanfaat, yaitu menyelesaikan permasalahan yang menjadi kepentingan dan perhatian publik;
  4. Dapat ditransfer/direplikasi, yaitu dapat dan/atau telah dicontoh dan/atau menjadi rujukan dan/atau diterapkan oleh penyelenggara pelayanan publik lainnya di lingkungan UB atau pihak lainnya;
  5. Berkelanjutan, yaitu mendapat jaminan terus dipertahankan yang diperlihatkan dalam bentuk dukungan program dan anggaran, tugas dan fungsi organisasi, serta hukum dan perundang-undangan.

Berikut timeline kegiatan UBPSA: Sosialisasi dan Publikasi (2 November 2022); Pengajuan Proposal (3 November – 15 November 2022); Seleksi Administrasi dan Penilaian Dokumen Inovasi (17-27 November 2022); Pengumuman Finalis Lolos Tahap Seleksi Admin , Presentasi, dan Wawancara (28 November 2022); Presentasi dam Wawancara dari Fakulras/Non Unit (1-2 Desember 2022); Verifikasi dan Observasi Lapangan (5-9 Desember 2022); Penentuan Top Inovasi UBPSA (12 Desember 2022); dan Awarding UBPSA (14 Desember 2022).