UB Dorong Guru Sebarkan Karakter Kreatif melalui Tulisan Artikel

UPT PKM UB Gelar Diseminasi Karakter Kreatif melalui Pendampingan Penulisan Artikel Populer untuk Guru SMP

UPT Pengembangan Kepribadian Mahasiswa Universitas Brawijaya (PKM UB) mengadakan pendampingan intensif bagi para guru SMP Muhammadiyah 6 Dau, Sabtu (06/07/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan keterampilan menulis artikel populer yang dapat menumbuhkan karakter kreatif di kalangan siswa.

Ketua Pelaksana Dr. Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya peran guru dalam menumbuhkan kreativitas siswa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kreativitas generasi muda.

“Guru adalah agen perubahan. Melalui kreativitas, kita dapat menciptakan generasi yang mampu berpikir kritis dan inovatif,” ujarnya.

Pelatihan yang digelar di aula sekolah ini dimulai dengan sesi pembekalan mengenai konsep dasar karakter kreatif oleh para dosen UPT PKM UB.

“Kreativitas tidak hanya penting dalam seni, tetapi juga dalam semua aspek kehidupan. Kreativitas adalah kunci untuk menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan karakter kreatif pada siswa sejak dini,” kata Trisna.

Pada pendampingan penulisan artikel populer, pemateri mengajak peserta untuk mempraktikkan teknik-teknik penulisan dengan tema-tema yang relevan bagi pendidikan karakter, menjadikan kata-kata sebagai jembatan untuk menyemai karakter kreatif.

Trisna menekankan, bahwa menulis artikel populer merupakan jalan pintas menuju hati pembaca yang luas. Melalui tulisan, guru dapat berbagi pengalaman dan strategi dalam mengembangkan karakter kreatif di sekolah.

Selain materi dan praktik, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman antarpeserta, yang memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik.

Selama pendampingan, para guru tampak antusias dan aktif berdiskusi. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat membantunya dalam memahami cara menulis artikel yang menarik.

“Saya belajar banyak hal baru, terutama bagaimana menyusun artikel yang bisa menarik perhatian pembaca dan menyampaikan pesan dengan efektif,” tutur salah satu peserta.

Pelatihan ini ditutup dengan sesi presentasi hasil tulisan masing-masing peserta, dan mereka mendapat masukan dari pemateri serta rekan-rekan sesama peserta.

Presentasi ini tidak hanya menjadi ajang berbagi ilmu, tetapi juga memotivasi para guru untuk terus menulis dan berkreasi. Selain itu, panitia juga memberikan reward kepada peserta yang aktif dan peserta dengan karya terbaik.

Dengan adanya pelatihan ini, UB melalui UPT PKM menunjukkan komitmennya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui penulisan artikel populer, para guru diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu menyebarkan karakter kreatif di kalangan siswa dan masyarakat luas. [Trisna/Irene]