UB dan Perum Jasa Tirta I Malang Kerja Sama Kembangkan Infrastruktur SDA

Rektor UB dan Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Malang usai penandatanganan MoU

Universitas Brawijaya (UB) dan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I Malang menandatangani nota kesepahaman (MoU), Senin (30/10/2023), di Gedung Rektorat lantai enam. Penandatanganan kerja sama ini terkait tri dharma perguruan tinggi.

Direktur Utama Dr. Ir. Fahmi Hidayat, ST., MT menyampaikan, dengan kerja sama ini diharapkan dapat mengembangkan potensi Sumber Daya Alam pada segala aspek.

“SDA menghadapi berbagai tantangan dengan adanya perubahan iklim, pencemaran limbah, atau krisis air bersih yang berdampak pada ketahanan infrastruktur. Untuk itu kami perlu dukungan kampus melalui penelitian dan inovasi untuk mendukung pengelolaan SDA,” ungkap Fahmi.

Ia melanjutkan, Perum Jasa Tirta I siap menjadi wadah untuk Research and Development (R&D) yang melibatkan berbagai disiplin ilmu. Tidak hanya bidang keteknikan atau sains, melainkan juga sosial dan ekonomi.

“Kami berharap dengan adanya keterlibatan dari berbagai disiplin ilmu dapat mengembangkan infrastruktur SDA dari segi keamanannya, sistem pengelolaannya, juga inovasi untuk penerapan AI,” tandasnya.

Fahmi menceritakan, Perum Jasa Tirta I Malang sudah memiliki kedekatan hubungan dengan UB semenjak pengerjaan proyek Brantas pada tahun 1960an. Bahkan hampir semua insinyur yang terlibat dalam proyek ini juga menjadi pengajar di UB.

Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, Perum Jasa Tirta I Malang merupakan mitra strategis bagi UB untuk penelitian dan pengembangan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Kami sangat mendukung kerja sama penelitian dan pengembangan infrastruktur SDA dari berbagai disiplin ilmu. Yang penting hasilnya dapat dimanfaatkan untuk dunia usaha dan dunia industri,” pungkas Rektor. [Irene]