Tim Tax Center FIA Beri Masukan Komisi XI DPR RI

Tim Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) memberi masukan pada anggota Komisi XI DPR RI terkait RUU Perubahan Kelima KUP dalam Rapat Dengar Pendapat Umum, Senin (12/7/2021).

Tim Tax Center FIA yang diwakili oleh Rosalita Rachma Agusti menekankan pada pemenuhan asas-asas
sistem perpajakan yang meliputi equity/equality, ease of administration, dan revenue productivity.

Pada akhir pemaparan, Rosalita memberikan beberapa rekomendasi mengenai reformasi perpajakan 2021 kepada pemerintah berdasar pada pertimbangan atas penguatan asas keadilan dalam pemungutan pajak di Indonesia.

Beberapa rekomendasi tersebut adalah penguatan pada digitalisasi administrasi perpajakan, penguatan ekosistem perpajakan, penguatan database (antara lain melalui Single Identity Number dan bigdata) serta penguatan self assesment system demi meningkatkan
voluntary compliance.

Pada akhir kegiatan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), pimpinan
rapat Dolfie O.F.P. mengapresiasi seluruh masukan, pendapat dan pandangan dari semua narasumber.

Semua masukan dan pandangan dalam materi yang disampaikan oleh seluruh narasumber diharapkan dapat menginspirasi serta memperkaya pandangan dari anggota panja RUU KUP.

Selain dihadiri oleh Tax Center FIA, kegiatan tersebut juga diikuti oleh tim Tax Center Universitas Indonesia, Tax Center Universitas Gajah Mada, Tax Center
Universitas Airlangga.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh pimpinan dan anggota komisi XI DPR RI, anggota
rapat serta perwakilan dari masing-masing Tax Center.

Adapun perwakilan dari Tax Center
Universitas Indonesia adalah Vid Adrison, perwakilan dari Tax Center Universitas Gajah Mada adalah Eko Suardi, perwakilan dari Tax Center Universitas Airlangga adalah Yanuar Nugroho.

Dalam kegiatan tersebut, masing-masing narasumber memberikan pendapat terkait poin-poin usulan perubahan dalam RUU KUP.

Pokok-pokok perubahan dalam RUU KUP mencakup beberapa hal, yaitu materi perubahan KUP,  materi perubahan PPh, materi perubahan PPN, materi perubahan cukai, pengenaan pajak karbon, dan program peningkatan kepatuhan wajib pajak.

Liputan kegiatan secara lengkap dapat disaksikan melalui link berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=qYpCIG6KBCU