Tim PKMS Dampingi Masyarakat Desa Pronojiwo Pulihkan Perekonomian

Tim PMS UB Berkolarborasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Salak

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Strategis (PKMS) yang di ketuai Dr. Wuryan Andayani, SE.,Ak., M.Si., CSRS, CSRA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UB) mendampingi masyarakat Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang memulihkan perekonomian dengan memanfaatkan potensi pertanian yang melimpah yaitu buah Salak segar. Kegiatan dilaksanakan mulai Juli hingga Oktober 2022.

Dalam kegiatan PKMS tersebut ada dua kegiatan yang dilakukan oleh tim. pertama membantu meningkatkan penjualan buah salak segar supaya bisa memperluas jangkauan pasarnya.

“Kegiatan pertama ini tujuannya agar konsumen bisa langsung komunikasi dengan petani sehingga bisa memangkas rantai pemasarannya,”kata Wuryan.

Ide kedua mengolah buah salak menjadi keripik buah salak yang daya tahannya lebih lama dan bisa dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi..

Dalam hal proses produksi tim pengabdian masyarakat strategis memberikan dukungan hibah mesin vacum fraying kepada para petani salak.

“Harapannya bisa menjadi stimulus masyarakat untuk berani mencoba menghasilkan produk baru berupa keripik salak sebagai produk unggulan daerah,”katanya.

Tim PKMS beranggotan Wike Agustin Prima Dania, STP, M.Eng, PhD.(sebagai pakar dalam pengolahan industri pangan), Ir. Dr. Eng. Tri Budi Prayogo, ST. MT,  dan  Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT. dari Fakultas Teknik UB.

Program pengabdian ini juga berkolaborasi dengan salah satu lembaga zakat di Malang sebagai pihak ketiga yang akan melanjutkan mengawasi aktivitas masyarakat kelompok petani salak. Lembaga tersebut berperan mendampingi saat program berjalan dan pasca program dari TIM PMS UB telah usai nantinya. [END/Humas UB]