Tim PKM FIA Bantu Desa Terapkan System Information Management

Website Desa Arjowilangun

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) bersama mahasiswa, membantu Desa Arjowinangun Kalipare Kabupaten Malang, menerapkan sistem informasi manajemen untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Tim PKM ini terdiri dari tiga dosen, yaitu Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si., Dr. Choirul Saleh, M.Si., Aulia Puspaning Galih, S.IIP., MS., dan dua mahasiswa, yaitu Eric Budi Maulana serta Austin Aji Tresna, memberikan tiga materi yang dilakukan secara bertahap.

Materi pertama yang diberikan adalah mengenai keterbukaan informasi publik dan penerapannya pada instansi pemerintah, khususnya pemerintah desa di Indonesia.

Ketua tim Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si., mengatakan materi ini dinilai sangat membantu desa dalam memahami pentingnya menyediakan informasi public bagi masyarakat.

“Desa perlu memahami pentingnya keterbukaan informasi public sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Melalui penerapan keterbukaan informasi publik maka akan terbangun akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Lely.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Choirul Saleh, M.Si. mengenai pentingnya System Information Management dalam penerapan Keterbukaan informasi public di desa.

“System Information Management berupa website penting dalam membantu proses penyebaran informasi publik yang seharusnya disediakan oleh desa. Dengan adanya website maka masyarakat lebih mudah dalam mengakses informasi desa,”kata Choirul Saleh.

Materi ketiga mengenai System Information Management berupa website untuk desa Arjowilangun, Kalipare, Kabupaten Malang yang telah dibuat oleh tim PKM. Materi ini disampaikan oleh Aulia Puspaning Galih, S.IIP., MS.

“Kami membuat website keterbukaan informasi publik bagi Desa Arjowilangun karena desa belum memiliki platform untuk masyarakat mengakses informasi desa.

Website ini sekaligus dapat dijadikan wadah promosi bagi desa Arjowilangun karena desa ini memiliki banyak keunggulan tetapi belum banyak dikenal masyarakat luas,” kata Aulia.

Kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar dengan bantuan dari aparatur desa yang menerima tim PKM dengan tangan terbuka.

Aparatur desa sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini karena mereka memahami pentingnya penerapan System Information Management dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik di desa Arjowilangun. (*/Humas UB).