Tim Pengelola Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu Berguru ke FP UB

Tim Pengelola Jurnal dari Fakultas Pertnian Universitas Bengkulu mengadakan kunjungan ke Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui bimbingan teknis yang melibatkan pengelola jurnal Agrivita FP UB, dengan tujuan utama untuk meningkatkan akreditasi jurnal serta pengelolaannya agar dapat memperoleh lebih banyak sitasi.

Kegiatan bimbingan teknis ini berlangsung selama dua hari, dengan fokus utama pada strategi-strategi untuk meningkatkan kualitas dan akreditasi jurnal. Selain itu, sesi ini juga akan membahas cara-cara efektif dalam pengelolaan jurnal agar dapat diakui dan disitasi lebih luas di kalangan akademisi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Pertanian UB, Dr. Afifuddin Latif Adiredjo, S.P., M.Sc., yang didampingi oleh Ketua Badan Pengembangan Jurnal dan Buku (BPJB) Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Dawam Maghfoer, MS. Sementara itu, tim dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Endang Sulistyowati, M.Sc.

foto bersama pembukaan acara

Dalam sambutannya, Dr. Afifuddin menyampaikan pentingnya kolaborasi antar universitas untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah. Sekaligus untuk meningkatkan akreditasi jurnal, tetapi juga untuk membangun jaringan yang kuat antar pengelola jurnal.

Prof. Endang Sulistyowati juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat dan kesempatan belajar yang diberikan oleh Fakultas Pertanian UB, dan berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di sini untuk meningkatkan kualitas jurnal di FP Unib.

“Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan jurnal-jurnal di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu bisa lebih berkualitas dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Impian kami dan ┬ásiapapun bagi pengelola jurnal pasti agar dapat terindeks Scopus,” kata endang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pengelolaan jurnal di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas dan reputasi jurnal ilmiah Indonesia di kancah internasional.(zma/OKY/Humas UB)