Tim DM Adakan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati

Penyerahan Alat Pembuat Asap Cair

Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (DM UB) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan pestisida nabati dan pengendalian hayati untuk menambah pengetahuan Kelompok Tani Rejo Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi pada (18/7-19/7/2022).

Kegiatan pelatihan pembuatan pestisida nabati dan pengendalian hayati dilaksanakan dengan mengundang pemateri dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Ibu Dewi Melani S.Si, MP.

Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan berupa pengenalan terhadap tanaman-tanaman yang berfungsi sebagai penghalau serangga hama, tanaman yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati, misalnya tanaman mimba, cengkeh, laos, serai wangi, okra, pengenalan terhadap mikoriza dan agen hayati seperti Beauveria bassiana dan Metarrhizium sp juga dilakukan.

Sementara Pembuatan pestisida nabati diujicobakan dengan memanfaatkan limbah serbuk kayu gergaji dan batok kelapa yang keberadaanna melimpah di desa Gombengsari.

Selain itu, pestisida nabati dalam jumlah besar juga dapat dijual. Pembuatan pestisida nabatiĀ  juga diharapkan dapat mengawali untuk inisiasi pembentukan badan usaha milik petani.

Selain melakukan pelatihan, Tim Doktor Mengabdi juga menghibahkan alat pembuat asap cair dengan kapasitas 300 kg.

“Dengan adanya alat ini, diharapkan kelompok tani Kalipuro dapat membuat pestisida nabati secara mandiri untuk mendukung pertanian organiknya,”kata Mufidah Afiyanti.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Doktor Mengabdi yang diketuai oleh Mufidah Afiyanti, Ph.D bersama tim DM yaitu Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D (FMIPA); Wenny Bekti Sunarharum, STP., M.Food.St., Ph.D (FTP); Sugiono, S.T., M.T., Ph.D (FT) danĀ  Muhammad Nuh, Ph.D (FIA). (DM/Humas UB).