Teknik Industri UB Juara I Kompetisi Riset Pemasaran Nasional

WhatsApp Image 2016-11-30 at 2.44.08 PMTim Statictic and Quality Engineering (SQE) dari Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya berhasil menjadi Juara I pada kompetisi National Marketing Research Competition (NMRC) yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada (21/11-23/11/2016).

NMRC merupakan kompetisi riset nasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan UAJY  berkerja sama dengan berbagai perusahaan di Indonesia. Pada penyelenggaraannya yang keempat kali ini, UAJY menggandeng PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk, produsen ban kendaraan bermotor merk Corsa dan Achilles.

Tim SQE digawangi oleh Ismanu Hutama Putra, Anisa Lutfiana, dan M. Hafid Zamroni. Dari hasil seleksi sebanyak 40 tim dari seluruh Indonesia, terpilih 12 tim mengikuti babak semifinal yang diselenggarakan di Cikarang, Jawa Barat.

“Studi kasus NMRC tahun ini mengangkat brand Corsa, penekannya pada pengguna sepeda motor dan bengkel-bengkel yang menggunakan ban Corsa ini,” kata Ismanu.

Mengangkat judul penelitian “COIN-PRO (CORSA IN STORE PROMOTION PROGRAM), melalui Analisis Pemetaan Strategi Peningkatan Market Share Brand CORSA dengan Integrasi Matching Matrix dan Metode Structural Equation Modelling (SEM)”, tim SQE berhasil tampil menjadi juara I.

Adapun Juara II diraih oleh tim dari Universitas Prasetiya Mulya, Juara III dari Universitas Indonesia, Juara IV dari UAJY, dan Juara V dari Institut Teknologi Bandung.

Ismanu bercerita, Tim SQE menggabungkan dua metode, Matching Matrix dan SEM, untuk meningkatkan market share brand Corsa. Metode Matching Matrix merupakan metode untuk menganalisa pasar dan perilaku konsumen. Sedangkan metode SEM berguna untuk menghitung analisa statistik.

“Hasilnya dimunculkan strategi store promotion. Strategi ini tidak hanya sekedar dimunculkan, tetapi sudah memiliki dasar yang kuat dibuktikan dengan metode yang kita pilih,” kata mahasiswa asli Yogyakarta itu.

M. Hafid Zamroni menambahkan, proses penelitian tim SQE memakan waktu sekitar tiga bulan. Agar strategi pemasaran yang tim sarankan berkesinambungan dengan strategi brand Corsa saat ini, Tim SQE men-survey hingga ke lapangan dan dimasukkan ke dalam metode analisis.

WhatsApp Image 2016-11-30 at 2.44.09 PM“Kita dinobatkan sebagai tim dengan metodologi terbaik. Keunggulan kita berdasarkan observasi dan pengumpulan data yang kuat, yang benar-benar menggambarkan brand Corsa,” tutur mahasiswa angkatan 2013 itu.

Anggota tim lainnya, Anisa Lutfiana, mengaku bangga bisa tampil sebagai juara dan membawa nama baik almamater.

Alhamdulillah, senang pastinya dapat juara. Semua usaha yang telah dilakukan terbayarkan dan yang lebih penting senang juga bisa bertemu dengan orang-orang hebat,” kata Anisa. (and/Humas UB)