Sosialisasi Sanitasi Kandang pada Peternak Sapi di Pucak Wangi Lamongan

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) Chandra Luki Annadhifa melakukan sosialisasi Sanitasi Higiene dan Sanitasi Kandang Ternak kepada 20 peternak di Desa Pucak Wangi Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan.

Program sosialisasi higiene peternak dan sanitasi kandang ternak ini dipilih karena pada umumnya, peternak di Desa Pucak Wangi kurang memperhatikan sanitasi kandang.

Chandra menjelaskan materi sosialisasi tersebut dipilih berdasarkan observasi kandang ternak warga yang kurang bersih sehingga bisa menimbulkan penyakit. Hal ini disebabkan karena bakteri yang terdapat didalam kandang serta kurangnya pemahaman peternak Desa Pucak Wangi tentang pentingnya higiene peternak dan sanitasi kandang tersebut.

“Faktor higiene lingkungan sangat penting untuk ternak maupun peternak untuk menjamin kesehatan ternak dan lingkungan sekitar,”kata Chandra

Higiene dan sanitasi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain karena erat kaitannya.

“Higiene dan sanitasi kandang sangat penting karena sangat terkait dengan kesehatan ternak maupun manusia. Higiene peternak meliputi pemakaian APD (Alat Pelindung Diri), dan kebersihan peternak,”kata Chandra.

Sedangkan sanitasi kandang ternak mencakup bangunan kandang, arah kandang, lokasi kandang, pengelolaan limbah ternak, dan kebersihan kandang.

“Beberapa warga telah mengetahui pentingnya higiene peternak dan sanitasi kandang ternak untuk mencegah penularan penyakit pada hewan ternak maupun peternak, namun masih banyak peternak di Desa Pucak Wangi yang masih tidak menghiraukan higiene peternak dan sanitasi kandang ternak karena beberapa alasan tertentu,”katabya.

Rangkaian KKN tematik dibawah bimbingan drh. Shelly Kusumarini R., M.Si. dan drh. Ahmad Fauzi, M.Sc. tersebut telah dilaksanakan Minggu (15/8/2021). (CND/Humas UB).