Sosialisasi KPK Kuliah Merdeka dan Pembagian Buku Tabungan bagi Penerima KIP Kuliah Angkatan 2021

Dalam rangka pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) Merdeka dari Pusat layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Dikti. Bagian Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB) pada Senin (13/12/2021) mengadakan kegiatan Sosialisasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) Merdeka serta Pembagian Buku Tabungan bagi Penerima KIP Kuliah Angkatan 2021 yang penyelanggaraannya dipusatkan di Gedung Widyaloka UB.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si., dan terbagi dalam dua sesi (pagi dan siang).  Pada sesi pagi diperuntukkan bagi mahasiswa dari Kategori SAINTEK dan PSDKU Kediri dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak 1.184 mahasiswa. Sedangkan pada sesi siang diperuntukkan bagi mahasiswa dari Kategori SOSHUM dan Program Vokasi dengan jumlah penerima sebanyak 758 mahasiswa. Sehingga jumlah keseluruhan mahasiswa UB penerima beasiswa KIP Kuliah Merdeka angkatan tahun 2021 sebanyak total 1.942 mahasiswa.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, hanya mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari Kota Malang yang diperkenankan untuk hadir dalam kegiatan ini, sedangkan mahasiswa yang berdomisili di luar Kota Malang mengikuti kegiatan secara daring yang mana nantinya untuk maslah teknis pembagian buku tabungan dilaksanakan secara online melalui Bank yang ditunjuk dan telah bekerja sama dengan Bagian Kemahsiswaaan UB yaitu Bank Mandiri.

Selain sosialisai dan pembagian buku tabungan, dalam kegiatan ini juga disampaikan beberapa materi pembekalan yang disampaikan diantaranya oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si.,  Eko Andi Suryo, ST., MT., Ph.D., serta Ilhamuddin, S.Psi., MA. (ronny)