Sosialisasi FILKOM Goes to PKM 2021

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi FILKOM Goes to PKM 2021 Rabu (3/2/2021). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa FILKOM UB dari berbagai jurusan.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Muhammad Arif Rahman, M.Kom menyampaikan untuk pengumpulan proposal dipercepat menjadi akhir Februari 2021.

Dia juga mengingatkan kepada mahasiswa seiring bertambahnya waktu persaingan akan semakin sengit dan sulit. Sehingga diharapkan agar mahasiswa dapat mematangkan ide serta metode-metode yang dipilih. Sementara bagi dosen agar menyumbangkan ide yang dimiliki sehingga banyak mahasiswa FILKOM UB yang terbantu dan akhirnya tertarik untuk mengikuti PKM 2021.

Terdapat dua pemateri dalam sosialisasi ini, pertama oleh Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom yang membahas tentang pengenalan PKM terhadap mahasiswa, kedua diisi oleh Dr.Eng. Novanto Yudhistira, S.Kom., M.Sc yang membahas trend perkembangan teknologi komputer 

Arief Andy Soebroto, S.T., M.Kom menjelaskan tentang pengenalan PKM.

Dalam pemaparannya dia menjabarkan delapan jenis PKM yaitu PKM-R (Penelitian Eksakta dan Soshum), PKM-PI (Penerapan Industri), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-KC (Karya Cipta), PKM-AI (Artikel Ilmiah), PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-GFK (Gagasan Fituristik Konstruktif).

Dia mengatakan mahasiswa boleh memilih jenis PKM yang akan diikuti dengan.

Dia memberikan saran untuk membuat konsep sederhana yang menyangkut permasalahan nyata di masyarakat saat ini. Topik yang dipilih tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah terkini dan judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata.

Materi kedua disampaiakan oleh oleh Dr.Eng. Novanto Yudhistira, S.Kom., M.Sc yang membahas trend perkembangan teknologi komputer. Beliau menyampaikan trend yang berkembang saat ini adalah AI (artificial intelligence) yang diartikan sebagai simulasi kecerdasan manusia yang ditanamkan ke dalam mesin kemudian diprogram agar berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. AI sudah diaplikasikan di berbagai mesin di dunia dan masih akan terus berkembang.

Dengan disampaikannya kedua materi diatas diharapkan bagi mahasiswa FILKOM UB untuk lebih dapat mengenal tentang PKM serta dapat menumbuhkan rasa antusias untuk mengikuti PKM 2021. Untuk materi sosialisasi dapat di unduh di bawah ini:

File Unduhan :
Materi 1 https://s.ub.ac.id/1v
Materi 2 https://s.ub.ac.id/1w

(drn)