SEGARA Juara 1 Sains Ideation PERTAMINA Foundation

SEGARA (Salt Washing Machine) berbasis tenaga hybrid yang sesuai sehingga mampu mereduksi mikroplastik berhasil meraih juara 1 pada lomba Sains Ideation yang diselenggarakan Pertamina Foundation.
Hasil produk yang didapatkan dari mesin ini adalah air laut bebas mikroplastik yang kemudian menjadi bahan baku garam bebas mikroplastik. Tim ini telah berhasil membuat prototipe yang mampu mengurangi kadar mikroplastik sebanyak 99,9% dari air laut (skala laboratorium).

Peninjauan alat dari Pertamina
Peninjauan alat dari Pertamina

Tim yang memenangkan SEGARA ini terdiri dari dua mahasiswa program studi Biologi FMIPA Safina Amelia Khansa dan Nadia Riqqah Nurlayla serta satu alumi Arifah Ramadhani Azzah berha. Tim ini dibimbing Mufidah Afiyanti, Ph.D.
PERTAMINA Foundation, Rabu (1/11/2023), datang ke UB yang diwakili Prihandy Triswiyanto (Vice President of Finance & Support at Pertamina Foundation) dan Beny Firmanto (CSR Junior Project Officer at Pertamina Foundation). Mereka hadir untuk melakukan monev prototipe hasil rancangan SEGARA.
Penjelasan secara rinci tentang sistem dan cara kerja prototipe SEGARA telah dilakukan dengan sangat baik dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari pihak PERTAMINA Foundation. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa UB (Ilhamuddin, S.Psi., M.A), Ketua BPPM FMIPA (Drs. Mohamad Muslikh, M.Si., Ph.D), Ketua Departemen Biologi (Yoga Dwi Jatmiko, Ph.D) dan Ketua Program Studi Sarjana Biologi (Mufidah Afiyanti, Ph.D), serta perwakilan kemahasiwaan FMIPA (Dian Siswanto, Ph.D).
Pihak PERTAMINA Foundation dan Universitas Brawijaya sangat mendukung agar proyek ini dapat dilanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi.[tim/sitirahma]