Rektor Melantik 819 Lulusan Universitas Brawijaya Pada Periode XV Tahun Akademik 2023/2024

Rektor melantik wisudawan periode XV
Rektor melantik wisudawan periode XV

Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., memimpin upacara wisuda 819 lulusan dari Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) pada Sabtu 17/05/2024di Gedung Samantha Krida untuk periode XV tahun Akademik 2023/2024.  Acara dihadiri oleh Sekretaris Majelis Wali Amanah UB, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas Brawijaya, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Sekolah Pascasarjana dan Sekretaris Universitas  Brawijaya, serta Dharmawanita Persatuan UB dan Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Republik Indonesia.

Dalam pidatonya, Prof. Widodo mengapresiasi pengorbanan dan kerja keras para wisudawan serta dukungan dari teman, dosen, saudara, dan terutama orang tua. “Marilah terus bersyukur dan menghargai jerih payah orang-orang yang mendukung kita, khususnya kedua orang tua,” ujarnya.

Prof. Widodo juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama UB di tingkat nasional maupun internasional. Ia menegaskan komitmen UB untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan capaian yang diperoleh berkat kerja keras dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

“Dari survei yang telah dilakukan, lebih dari 80 persen alumni UB bisa bekerja tepat waktu. UB terus berbenah agar kualitas semakin baik dan menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dan IKA UB telah meluncurkan Aplikasi Talenta UB, sebuah platform penting untuk menghubungkan alumni dengan wisudawan baru, guna membangun jejaring kerjasama di masa depan,” tambah Prof. Widodo

Rektor UB juga memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih UB. “Saat ini UB berada pada posisi 801-1001 besar dunia menurut QS World University Rankings. Dalam pemeringkatan QS World University Ranking by Subject, UB berada di posisi 301-350 untuk Agriculture and Forestry, 451-500 untuk Business and Management Studies, 301-340 untuk Law, serta 501-550 untuk Social Science and Management. Menurut UniRank, UB merupakan kampus terbaik keenam di Indonesia dan ke-73 di Asia,” jelasnya

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. melaporkan sebanyak 819 wisudawan, terdiri dari Fakultas Hukum (31 wisudawan dari program sarjana, magister dan doktor); Fakultas Ekonomi dan Bisnis (64 wisudawan dari program sarjana, magister, dan doktor); Fakultas Ilmu Administrasi (72 wisudawan dari program sarjana, magister, dan doktor); Fakultas Pertanian (103 wisudawan dari program sarjana); Fakultas Peternakan (36 wisudawan dari program sarjana, magister dan doktor ); Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (42 wisudawan dari program sarjana, magister, dan doktor); Fakultas Teknik (96 wisudawan dari program sarjana, magister dan doktor); Fakultas Kedokteran (40 wisudwan dari program sarjana , profesi, magister, spesialis 1 dan doktor); Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (52 wisudawan dari program sarjana, magister dan doktor); Fakultas Teknologi Pertanian (44 wisudawan dari program program sarjana dan magister ); Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (64 wisudawan dari program sarjana); Fakultas Ilmu Budaya (11 wisudawan dari program sarjana); Fakultas Kedokteran Hewan (23 wisudawan dari program sarjana dan profesi ); Fakultas Kedokteran Gigi (11 wisudawan dari program sarjana ); Fakultas Ilmu Komputer (47 wisudawan dari program sarjana dan magister); Sekolah Pascasarjana (3 wisudawan dari program Magister dan Doktor); Fakultas Vokasi (65 wisudawan dari program Diploma III dan sarjana terapan); serta Fakultas Ilmu Kesehatan (15 wisudawan dari program sarjana dan profesi). (wdd/Humas UB)