Razez Manggala, Duta KIP UB 2022

 

Duta KIP UB bersama Rektor dan Sekretaris Universitas Brawijaya
Rektor dan Pimpinan Universitas bersama Duta KIP UB 2022

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Razez Manggala P terpilih menjadi Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UB. Pemilihan Duta KIP diselenggarakan oleh Divisi Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan (DIDK) UB. Puncaknya digelar Rabu (19/10/2022), di Ijen Suites Resort & Convention Malang, dengan penganugerahan gelar yang diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Prof. Drs. Gugus Irianto, MSA., Ph.D., Ak.

Prof. Gugus saat membuka acara menyampaikan, UB telah berhasil meraih penghargaan sebagai Kampus (Badan Publik) yang informatif selama tiga kali berturut-turut sejak thn 2019, 2020, 2021. Ini merupakan penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

“Hal tersebut tidak akan tercapai tanpa dukungan semua pihak. Yang paling berat adalah mempertahankan pencapaian tersebut. Dengan membuka diri melibatkan mahasiswa, menjadi langkah baik untuk mempertahankan KIP UB yang informatif. Salah satunya karena mahasiswa juga menjadi anggota Majelis Wali Amanah UB. Sehingga peran dan keterlibatan mahasiswa akan berpengaruh baik bagi institusi,” papar Gugus.

Duta KIP UB 2022 dari kiri: Juara Favorit, Juara 3, Juara 2, dan Juara 1
Duta KIP UB 2022, dari kiri: Afif Husein Rasyidi, Alverian Devara K, Lili Lintang P M, Razez Manggala P.

Ketua Pemilihan dan Penganugerahan Duta KIP UB 2022 Dr. Dra. Lely Indah Mindarti, M.Si menjelaskan, proses seleksi ini dilatarbelakangi adanya transparansi di lingkungan kampus sesuai amanah UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kegiatan ini bertujuan mewujudkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik di lingkungan kampus sehingga dapat mewujudkan Good University Governance,” ungkap Lely.

Ia menuturkan, pemilihan Duta KIP ini merupakan pionir, karena UB merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki Duta KIP.

“Kami berharap melalui pemilihan ini dapat menumbuhkan minat dan motivasi mahasiswa sebagai promotor generasi sadar KIP, sesuai dengan tema kegiatan ini, yakni ‘Generasi Sadar Informasi Wujudkan Transparansi’,” jelasnya.

Juara 1 Duta KIP UB 2022: Razez Manggala P
Juara 1 Duta KIP UB 2022: Razez Manggala P.

 

Seleksi Duta KIP diikuti oleh 21 mahasiswa dan 2 mahasiswa dari Pusat Layanan Disabilitas. Tahapan seleksi dimulai dari bulan September 2022, yang terdiri dari seleksi vlog keterbukaan informasi, tes tulis, dan wawancara.

“Sebelum mengikuti seleksi, peserta kami berikan pelatihan terlebih dahulu dengan materi mengenai PPID, UU No. 14 tahun 2008, serta sengketa informasi publik. Karena mereka harus mengerti konsep keterbukaan informasi, seperti klasifikasi informasi yang harus dibuka dan yang sifatnya dikecualikan,” papar Lely.

Terpilih sebagai juara 1 Duta KIP UB 2022, Razez Manggala siap mengemban amanah mengenalkan keterbukaan informasi kepada mahasiswa UB.

Ketua Pemilihan dan Penganugerahan Duta KIP UB 2022 Dr. Dra. Lely Indah Mindarti, M.Si

“UB sudah dikenal sebagai kampus yang informatif. Kami sebagai duta KIP harus siap mengenalkan keterbukaan informasi sehingga UB akan semakin dikenal sebagai badan publik yang memberikan informasi secara terbuka dan inklusif, yakni menyeluruh, baik kepada mahasiswa, dosen, pegawai, pejabat universitas, mahasiswa disabilitas, dan masyarakat umum. Sehingga UB dapat mempertahankan statusnya sebagai badan publik yang informatif,” tegas Razez.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Sekretaris Universitas, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur Direktorat, Kepala Divisi, Ketua Lembaga, Kepala UPT, dan Pimpinan Badan-Badan Usaha dan Laboratorium.

Berikut adalah daftar pemenang Duta KIP UB 2022. Juara 1: Razez Manggala P (FT), Juara 2: Lili Lintang P M (FISIP), Juara 3: Alverian Devara K (FH), Harapan 1: Gerald Jonathan A (FISIP), Harapan 2: Moh. Firdaus (FIB), Harapan 3: Khafivah Suhrufi (FTP), dan Juara Favorit: Afif Husein Rasyidi (FISIP). [Irene]