Ratusan Perguruan Tinggi Ramaikan KMI Expo XII 2021

Rektor UB Saat Mengunjungi Salah Satu Stan yang ada di Booth Lapangan Rektorat

Sebanyak 251 Perguruan Tinggi di Indonesia ikut meramaikan Kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 yang digelar selama tiga hari (17/11-19/11/2021). KMI Expo bertujuan untuk memamerkan produk-produk mahasiswa yang sudah siap dipasarkan baik secara online maupun virtual pada booth booth yang sudah disediakan.

251 perguruan tinggi yang ikut meramaikan dibagi menjadi dua bagian terdiri dari 92 hadir secara luring dan sisanya 159 perguruan tinggi mengikuti secara virtual atau daring.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim , M.Si. menjelaskan KMI Expo XII 2021 merupakan acara puncak dari Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) yang meliputi KMI Award, Lomba Non-KBMI, Pameran dan Bazaar Produk, Lomba Start Up Summit, dan PWMI Award.

KMI Award merupakan lomba yang diselenggarakan khusus bagi peserta program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan kategori makanan minuman, jasa dan perdagangan, industri kreatif, produksi/budidaya, serta teknologi terapan.

Lomba Non-KBMI merupakan lomba yang diselenggarakan khusus bagi peserta yang tidak menerima program KBMI.

Pada pameran dan bazaar produk peserta yang mengikuti KMI Expo XII 2021 akan melakukan pameran dan bazaar produk yang dihasilkan dari ide bisnis para peserta.

Rektor UB Bersama Direktur Belmawa Prof. Dr. Aris Junaidi

Lomba Start Up Summit merupakan lomba uang yang diselenggarakan khusus bagi start-up program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) tahun 2021 yang lolos penilaian tahap II dan didanai.

Sedangkan PWMI Award merupakan penghargaan bagi pendamping universitas terbaik dan diselenggarakan khusus bagi pergutian tinggi anggota Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan drh. Analis Wisnuwardhana, M.BioMed menambahkan pada kegiatan KMI, peserta juga bisa mengikuti, lomba kafe, lomba tiktok Kewirausahaan, international student entrepreneurship yang terdiri dari tiga kategori, yaitu poster, essay dan bussines case competition.

“Pada bussines case competition ada satu
perusahaan diajak kerjasama kemudian case yang ada di sana di share peserta. Dan peserta diminta menyelesaikan case berdasarkan problem yang dihadapi perusahaan tersebut. Dalam bussiness case competition yang menjuri adalah perusahaan sendiri,”katanya.

Dalam KMI awarding atau penganugerahan nantinya, akan diambil juara satu dua tiga dan harapan pertama. Total hadiah berupa uang tunai yang disediakan sebanyak Rp 700 juta.

Analis berharap melalui KMI Expo XII 2021 yang bertema “Collaboration and Sinergy” diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang. (OKY/Humas UB).