Profesor Fapet Menghadap Sang Maha Kuasa

Profesor Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB), Prof. Dr. Ir. Zaenal Fanani.,MS.,IPU menghadap Sang Maha Kuasa, Kamis (26/11/2020) pukul 16.39 WIB. Beliau menghembuskan nafas terakhir di usia ke 61 tahun di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang karena sakit.

Segenap civitas Fapet UB menggelar acara kirim doa untuk mendiang secara daring. Sementara itu pemakaman dan penghormatan terakhir akan dilakukan Jumat (27/11/2020). Namun mengingat protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan, maka acara tersebut ditayangkan secara live melalui ZOOM dan YouTube Fapet UB.

Prof. Zaenal adalah putra kelahiran Cirebon yang memiliki kepakaran di beberapa bidang. Antara lain strategi pengembangan usaha peternakan, analisis biaya usaha peternakan, optimalisasi usaha peternakan, pengembangan usaha peternakan secara berkelanjutan, model pola kemitraan usaha peternakan, produktivitas curahan tenaga kerja usaha peternakan, strategi usaha pembangunan usaha peternakan daerah, dan strategi pembangunan agribisnis sapi perah berkelanjutan.

Beliau menempuh pendidikan di Universitas Gajah Mada (UGM) pada jenjang Sarjana (S1) dan Program Magister (S2). Kemudian melanjutkan ke Program Doktor (S3) di Universitas Padjajaran.

Untuk jenjang karir guru besar bidang ekonomi pembangunan peternakan ini menjadi calon pegawai negeri sipin (CPNS) di Fapet UB pada 1 Januari 1986. Lalu satu tahun berikutnya, yakni Juli 1987 diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hingga akhir hayatnya beliau bergelar guru besar yang dikukuhkan 3 April 2004 silam. (dta/Humas UB)