Prof. Wuryan Andayani Raih Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia 2023

Dosen FEB-UB Prof. Dr. Wuryan Andayani, S.E., Ak., M.Si menerima Penghargaan sebagai Perempuan Inspirasi Indonesia

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB), Prof. Dr. Wuryan Andayani, S.E., Ak., M.Si menerima Penghargaan sebagai Perempuan Inspirasi Indonesia, Rabu (6/12/2023), di Auditorium Garuda Kementrian Perindustrian RI. Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI dalam rangka menyambut Hari Ibu tahun 2023.

“Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan dan memberikan perubahan. Terima kasih kepada IPEMI dan Kementrian Perindustrian yang telah memberikan penghargaan tersebut,” ungkap Wuryan.

Dijelaskan Wuryan, Ia menjadi kandidat penerima penghargaan ini karena dinilai memenuhi beberapa aspek penilaian. Di antaranya nilai kepemimpinan/prinsip budaya kerja, prestasi, dan kontribusi kepada masyarakat.

“Dalam bekerja, saya berusaha membangun suasana menyenangkan, menciptakan kerja sama tim, serta budaya clan culture, yakni menekankan pada kolaborasi dan kerja sama untuk menjadi keluarga besar yang saling terlibat satu sama lain,” ungkapnya.

Wuryan juga aktif menjadi mentor kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, menjadi pembicara pada berbagai kegiatan, juga menorehkan berbagai prestasi. Di antaranya juara pertama Best Research Contributions for SGDs, dan best participant pada konferensi internasional “Strengthening the Role of Community Service in Accelerating National Economic Recovery”.

Kontibusi pada masyarakat ditunjukkan Wuryan dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Di ataranya mengembangkan produk unggulan di Desa Pronojiwo Lumajang, pendampingan untuk Petani Anggrek Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo Batu dengan memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan dan memasarkan produk melalui media sosial sebagai strategi pengembangan UMKM di Malang Raya, mengedukasi masyarakat Desa Candimulyo Jombang mengenai industri kreatif yang bernilai tinggi dan dapat dipasarkan secara online, serta membuat bisnis makanan yang menyehatkan dengan modal awal kecil.

Wuryan juga aktif dalam berorganisasi. Ia menjabat sebagai Ketua IPEMI Kabupaten Malang, menjadi Pengurus IAI KAPD Jatim, Pengurus FDAP dan Pengurus IAI KAPD Pusat, serta sebagai Asesor Lamemba.

“Sebagai Perempuan Indonesia dan Muslimah harus terus belajar untuk mengembangkan diri sehingga bisa ikut berkontribusi dan berprestasi lebih maksimal dalam Pembangunan Nasional. Saat ini kita semua dihadapkan pada perkembangan teknologi era 4.0. Dengan mau terus belajar dan menguasai IT, kita bisa memberi kontribusi dan pengaruh yang positif bagi bangsa,” paparnya.

Perempuan Indonesia dan Muslimah menurutnya juga wajib menjaga keseimbangan keluarga dan karir.

“Sediakan waktu yang berkualitas untuk keluarga, manfaatkan waktu untuk berkomunikasi, menetapkan pola hidup sehat, serta mengajarkan kepada putra-putri konsep growth mindset, yakni pemahaman bahwa kita harus terus belajar. Kecerdasan dan bakat akan terus berkembang sesuai dengan usaha, kerja keras, dan dedikasi yang terus-menerus,” jelasnya.

Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil menjelaskan bahwa tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mendorong Perempuan Muslimah Indonesia berprestasi, berkarya, dan memberikan kontribusi kepada Perempuan lainnya. [Irene]