Prasetya Online

>

Siaran Pers

PK2MABA 2018: Maba Dibekali Wawasan Anti Radikalisme dan Kebangsaan

Dikirim oleh oky_dian pada 14 Agustus 2018 | Dilihat : 202

Universitas Brawijaya kembali menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MABA). Kegiatan diikuti oleh sekitar 11.000 mahasiswa di Lapangan Kantor Pusat UB,Selasa (14/8/2018).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Acara Jelajah Almamater (RAJA) Brawijaya.

Dalam sambutannya di depan seluruh MABA, Rektor UB ProfDr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, MSmengatakan bahwa selama menempuh perkuliahan di UB, mahasiswa akan dibimbing dalam aspek kognitif (pikir), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan) oleh para dosen terdidik di bidang ilmunya dengan kualitas sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing.

PK2MABA UB 2018

Dikirim oleh oky_dian pada 13 Agustus 2018 | Dilihat : 97

Rangkaian Acara Jelajah Almamater (RAJA) Brawijaya merupakan program yang dibentuk oleh Ekselutif Mahasiswa (EM) UB untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru yang diterima di UB.

Program RAJA ada tiga yaitu PK2MABA, Pembinaan Budi Pekerti dan Kepemimpinan, dan Open House.
Program pertama adalah PK2MABA yang akan digelar pada tanggal 14 Agustus 2018. Kegiatan ini dimulai jam 06.00 - 16.00 didahului dengan upacara penerimaan maba oleh Rektor di lapangan UB. Upacara akan diikuti oleh 11.033 maba dengan Irup Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR, MS (Rektor). 

Setelah upacara, MABA mengikuti mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus (PK2). MABA ditempatkan di tiga gedung yaitu Sakri, GOR Pertamina, dan UB Sport Center. 
PK2MABA kali ini lebih terasa istimewa karena akan dihadiri oleh Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Dia akan menyampaikan materi pembekalan dihadapan mahasiswa baru di gedung Samantha Krida dan dilihat secara live oleh maba di GOR Pertamina dan UB Sport Center. Rektor UB  merasa bangga dengan kehadiran maba di kampus UB.

Tahun ini, Program Profesi Insinyur Mulai Dibuka di UB

Dikirim oleh denok pada 10 Agustus 2018 | Dilihat : 112

Lulusan baru program sarjana diharuskan bekerja dulu minimal 2 tahun sebelum mengikuti pendidikan profesi
Lulusan baru program sarjana diharuskan bekerja dulu minimal 2 tahun sebelum mengikuti pendidikan profesi
Program Profesi Insinyur (PPI) adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran. Di Universitas Brawijaya (UB), PPI diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) yang ada di Fakultas Teknik. Dalam keterangannya, Ketua PSPPI Ir. Lutfi Djakfar, MSCE., PhD menyampaikan bahwa UB merupakan salah satu dari 40 penyelenggara PPI di Indonesia (26 PTN dan 14 PTS). Penugasan PSPPI ini karena UB telah memenuhi persyaratan di antaranya sudah terakreditasi A dan ada lebih dari lima program jurusan keteknikan.

Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Sementara Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran.

Seminar Keselamatan Nuklir 2018 Kerjasama BAPETEN dengan UB

Dikirim oleh oky_dian pada 03 Agustus 2018 | Dilihat : 88

BAPETEN adalah lembaga pengawas ketenaganukliran yang mempunyai fungsi strategis untuk menjamin keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan hidup. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran.

Untuk menginformasikan fungsinya, BAPETEN memandang perlu adanya komunikasi dengan stakeholder dan masyarakat. Salah satu sarana yang digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui agenda tahunan Seminar Keselamatan Nuklir (SKN). Secara umum, acara ini dirancang sebagai forum pertemuan ilmiah para ilmuwan dan pegiat teknologi keselamatan nuklir. SKN memiliki visi mengenalkan bidang ketenaganukliran kepada stakeholder dan masyarakat yang lebih luas seperti instansi terkait (Kemenkes, Kemenristekdikti, BATAN, KLHK, BMKG, LIPI, BPOM, ESDM), akademisi, pemerhati, asosiasi profesi, sehingga dapat menjadi isu nasional.

Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, MS Resmi Jabat Rektor UB 2018-2022

Dikirim oleh oky_dian pada 13 Juli 2018 | Dilihat : 492

Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR, MS resmi menjabat sebagai rektor UB periode 2018-2022. Pelantikan sebagai rektor baru dilakukan oleh Menristek Dikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak di Jakarta, Jumat (29/6/2018) lalu.

Prof. Nuhfil Hanani terpilih dengan perolehan suara sebanyak (159), sedangkan Prof Mohammad Bisri (incumbent) mendulang 93 suara dan Osfar Sjofjan mendapat empat suara.

Dalam pidatonya usai terpilih, Prof. Nuhfil meminta doa restu serta dukungan dan kerjasama dari semua pihak untuk membangun UB.