Prasetya Online

>

Siaran Pers

UB Raih Peringkat 3 Teratas Bidang Kemahasiswaan

Dikirim oleh oky_dian pada 21 Agustus 2017 | Dilihat : 699

Universitas Brawijaya meraih peringkat 3 teratas bidang kemahasiswaan versi Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI). Peringkat yang ditetapkan oleh RISTEK DIKTI ini ditetapkan oleh Belmawa berdasarkan prestasi mahasiswa dan kelembagaan kemahasiswaan.

Wakil Rektor III Prof Arif Prajitno mengatakan bahwa tahun ini ada perubahan penghitungan skor sehingga mempengaruhi peringkat UB di bidang kemahasiswaan.

"Pada tahun lalu kita meraih peringkat ke II tahun ini kita berada di peringkat ke III hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan penghitungan skor. Namun kita masih bersyukur dengan perubahan skoring masih bisa berada di peringkat 3 teratas,"kata Arif.

Arif menambahkan bahwa prestasi mahasiswa yang digunakan untuk penghitungan adalah prestasi tahun 2016 selama bulan Januari hingga Desember.

Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian kemahasiswaan pada tahun 2016 tercatat ada 419 prestasi internasional dan nasional yang diraih oleh mahasiswa UB. Sedangkan hingga pertengahan tahun 2017 tercatat sudah ada 115 prestasi yang diraih dengan rincian 18 juara internasional dan 97 juara nasional.

"Prestasi-prestasi tahun 2017 nanti akan dijadikan indikator penghitungan peringkat kemahasiswaan RISTEK DIKTI tahun 2018,"Imbuh Arif.

Arif juga optimis bahwa di tahun 2018 peringkat UB akan mengalami kenaikan mengingat ada peningkatan prestasi internasional dan nasional yang akan diraih mahasiswa pada tahun 2017 ini.

Hingga pertengahan tahun 2017 ada beberapa prestasi nasional yang telah diraih oleh mahasiswa-mahasiswa UB, antara lain juara II Musabaqoh Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV pada bulan Agustus 2017 dan juara 1 Folksong Category dan juara 2 Chamber Choir pada Andrea O Veneracion International Choral Festival di kota Manila Filipina yang diperoleh Paduan Suara Mahasiswa Juli 2017, dan prestasi tingkat internasional yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Peternakan pada International Paper Competition Of Animal Science & Veterinary Tokyo Jepang pada Mei 2017.

Arif meyakini bahwa prestasi yang diraih oleh mahasiswa UB juga akan bertambah. Dia berharap UB bisa meraih kembali posisi juara dalam PIMNAS. Sebagai upaya mempersiapkan diri maju ke Pekan Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS), UB menyiapkan diri secara matang lewat program karantina selama tiga hari.

Dalam karantina tersebut, kontingen PIMNAS UB diberikan materi tentang banyak hal, seperti bagaimana trik atau cara bagaiman metode menjadi juara, bagaimana membuat power point, membuat poster yang baik, praktik presentasi seperti layaknya di PIMNAS, contohnya seperti praktik menjawab pertanyaan dewan juri sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.

"Semoga UB bisa menjadi juara umum lagi pada PIMNAS XXX tahun ini. Sehingga dengan kemenangan PIMNAS tahun ini bisa menjadi modal kita untuk meningkatkan ranking bidang kemahasiswaan UB di tahun 2018,"katanya.[Oky Dian/Humas UB]