Prasetya Online

>

Siaran Pers

UB Lakukan berbagai Cara Kembangkan Mental dan Karakter Mahasiswanya

Dikirim oleh oky_dian pada 07 Juni 2017 | Dilihat : 754

Asy Syfa Karima adalah salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Program Studi Ilmu Kedokteran. Masuk FK UB di tahun 2015, seperti mahasiswa baru lainnya, Asy Syfa diwajibkan mengikuti program pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh FK UB selam menjadi mahasiswa baru.

Pada program tersebut diberikan beberapa materi terkait pengembangan mental, karena pada saat itu UB mempunyai program utama untuk pengembangan mental untuk mengatasi isu mental pemuda di Indonesia yang mengkhawatirkan. Para dosen bertindak sebagai mentor.

Untuk memberikan semangat kepada peserta, FK UB memberikan reward kepada dua peserta terbaik. Reward tersebut berupa memberangkatkan peserta terbaik tersebut untuk Umroh ke Tanah Suci Mekah dengan gratis.

Penentuan peserta terbaik terdapat beberapa kriteria salah satunya adalah terkait hafalan Al Qur'an. Pada akhir pelaksanaan program pendidikan karakter beberapa mahasiswa ditest terkait hafalan  Al Qur'an oleh mentor yang bertugas.

Akhirnya keluarlah dua nama peserta terbaik program pendidikan karakter FK UB yaitu Asy Syfa Karima dan Muna Maulina dari Program Studi Pendidikan Gizi. "Alhamdulillah saya dan Muna yang beruntung menjadi peserta terbaik program pendidikan karakter di FK UB. Pada tanggal 31 Januari 2017 kami berdua bersama satu penerima undian door prize pada Dies Natali FK UB berangkat Umroh ke Tanah Suci," syukur Syfa.

Program pengembangan karakter tersebut akan dilanjutkan FK UB dengan juga memberikan reward. "Pada tahun berikutnya kita akan membantu mentor untuk menjadi asisten mentor. Fakultas juga akan memberikan reward kepada satu asisten mentor terbaik untuk mendorong agar para asisten mentor semangat untuk ikut membimbing adik-adiknya mahasiswa baru," jelas anak keempat dari tujuh bersaudara asal Jakart tersebut.

Pada tahun ini UB bersama dengan Universitas Negeri Malang (UM) akan menjadi tuan rumah lomba MTQ tingkat nasional. Rencananya kegiatan ini akan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai daerah dan Universitas di seluruh Indonesia.

UB mendorong mahasiswanya untuk juga dapat berprestasi di ajang nasional tersebut. Setiap tahu di UB juga menyelenggarakan lomba MTQ guna mengembangkan talenta mahasiswanya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan UB tersebut ditujukan untuk membentuk karakter mahasiswa UB agar menjadi mahasiswa yang tangguh secara jasmani dan rohani. Kelak ketika telah lulus dan terjun di masyarakat diharapkan alumni UB dapat berperan serta dalam pembangunan di lingkungannya.

Sebanyak 1097 akan melakukan upacara prosesi wisuda periode X yang dilaksanakan Sabtu, (8/4/2017) dengan rincian jumlah wisudawan pada masing-pasing Fakulta yaitu, Fakultas Hukum 53 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 85 Orang, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian 82 orang, Fakultas Peternakan 20 orang, Fakultas Teknik 104, Fakulta Kedokteran 110 orang, Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan 62 orang, Fakultas MIPA 82 orang, Fakultas Teknologi Pertanian 54 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 91 orang, Fakultas Ilmu Budaya 82 orang, Fakultas Kedokteran Hewan 20 Orang, Fakultas Ilmu Komputer 71 orang, Fakultas Kedokteran Gigi 2 orang, Program Vokasi 26 orang. Nama-nama wisudawan terbaik adalah sebagai berikut:

Nama

Fakultas

IPK

Lama Studi

Anisa Lutfiana, ST

Fakultas Teknik

3.88

3 tahun 6 bulan

Hartono, S.H

Fakultas Hukum

3.93

3 tahun 6 bulan

Siti Nur Fatimah, SE

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

3.85

3 tahun 6 bulan

Aprilia Nurul Chlifah, S.AB

Fakultas Ilmu Administrasi

3.86

3 tahun 4 bulan

M. Bayu Mario, S.P.

Fakultas Pertanian

3.68

4 tahun 6 bulan

Danung Nur Adli, S.Pt.

Fakultas Peternakan

3.64

3 tahun 6 bulan

Mustaqim Prayogi, S.Farm

Fakultas Kedokteran

3.78

3 tahun 6 bulan

Gusman Kadar Kurniawan, S.Pi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

3.62

4 tahun 6 bulan

Adelita Silvia Ika Irenenda, S.Si

Fakultas MIPA

3.84

3 tahun 5 bulan

Maretha Yosephine Primasari Darmawijaya, S.TP.

Fakultas Teknologi Pertanian

3.86

3 tahun 6 bulan

Arief Budi Sucianto, S.I.Kom

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3.67

3 tahun 6 bulan

Ressi Maulidina Delijar, SS.

Fakultas Ilmu Budaya       

3.97

3 tahun 6 bulan

Siti Qurnia Zakiyah, S.KH.

Fakultas Kedokteran Hewan

3.61

4 tahun 6 bulan

Novia Ulfa Nuraini, S.Kom

Fakultas Ilmu Komputer

3.84

3 tahun 6 bulan

Hanifa, M.Biomed

Program Studi Ilmu Biomedik

3.89

1 tahun 6 bulan

Dr. Ni Nengah Adiyaryani

Program Studi Ilmu Hukum

3.92

3 tahun 5 bulan

Amalia Zeinita Ningtyas, A.Md.

Program Vokasi

3.80

3 tahun 7 bulan