Prasetya Online

>

Press Release

UB Klarifikasi Kasus Mahasiswa Bunuh Diri

Submit by oky_dian on August 09, 2017 | View : 509

Universitas Brawijaya melakukan klarifikasi terhadap kasus mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang diduga melakukan bunuh diri di kamar kosnya.

Wakil Rektor III Prof Arif Prajitno mengatakan berdasarkan keterangan yang didapat dari Polresta Malang apa yang dilakukan oleh Lukman Hakim bukan bunuh diri karena tidak ditemukan adanya kekerasan fisik ataupun benda-benda berbau tajam di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Wakil Dekan III FISIP UB A Muwafih Saleh mengatakan bahwa kasus yang dialami oleh Lukman Hakim tidak berkaitan dengan persoalan akademik  ataupun Uang Kuliah Tunggal (UKT).

"Kami sudah melakukan penelusuran ke BEM Fakultas bahwa yang berkaitan tidak mengajukan keringanan biaya, baru melakukan konsultasi skripsi sekali, dan dari informasi yang saya dapat keluarganya adalah keluarga mampu,"kata Muwafik Saleh.

Muwafik juga berpesan pada mahasiswa untuk untuk aktif dalam berbagai kegiatan positif diluar kuliah. Ia berharap dengan demikian mahasiswa dapat memaksimalkan potensinya, dan terhindar hal-hal negatif ataupun menyendiri.

Sementara itu, Arif mengatakan bahwa saat ini selain akademik untuk mencegah terjadinya kasus serupa di kemudian hari, mahasiswa mulai mendapat pendampingan di bidang non akademik yang berkaitan dengan etika, agama, dan pembentukan karakter.

"Kegiatan ini perlu kita lakukan agar setiap mahasiswa selalu berpikiran positif terhadap semua hal yang ada,"kata Arif.

Prestasi Mahasiswa UB

Dalam konferensi pers bersama media, WR III juga menjelaskan tentang prestasi-prestasi yang telah diterima mahasiswa UB pada tahun 2016 dan 2017.

Pada tahun 2016 tercatat ada 419 prestasi internasional dan nasional yang diraih oleh mahasiswa UB. Sedangkan hingga pertengahan tahun 2017 tercatat sudah ada 114 prestasi yang diraih dengan rincian 17 juara internasional dan 97 juara nasional.