Prasetya Online

>

Siaran Pers

UB Adakan Veterinary Festival

Dikirim oleh vicky.nurw pada 11 Agustus 2017 | Dilihat : 218

Veterinary Festival
Veterinary Festival
Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-55, Universitas Brawijaya akan menyelenggarakan Veterinary Festival. Kegiatan ini terdiri dari serangkaian acara meliputi Lomba Burung dan Talk Show Kesehatan Burung Nasional, Test DNA Jenis Kelamin Burung dan Peresmian Animal Disease Diagnostic Laboratory (ADD Lab), Cat Show dan Pemeriksaan Kesehatan Pet Animal, serta Pameran dan Pemeriksaan Satwa eksotik.

Veterinary Festival merupakan salah satu solusi dan upaya Universitas Brawijaya untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan peran dokter hewan dalam
mensejahterakan manusia melalui kesehatan hewan dan sebagai langkah nyata dalam
mengenalkan berbagai jenis Burung, hewan eksotik dan hewan kesayangan (pet animal)
kepada civitas akademika Universitas Brawijaya dan masyarakat secara umum sebagai
kontribusi dalam melestarikan keanekaragaman jenis burung dan hewan eksotik khususnya di
Jawa Timur.

Acara ini dilakukan pada hari Sabtu (12/8/2017) dari pukul 08.00 hingga selesai. Bertempat di Kampus 2 UB Puncak Dieng, kegiatan ini akan dibuka oleh Bapak Gubernur Dr. H. Soekarwo dan memperebutkan Piala Rektor UB dan hadiah uang jutaan rupiah. Rangkaian perlombaan Veterinary Festival merupakan kegiatan konservasi hewan untuk menjaga kelestarian alam dan merangsang masyarakat di Jawa Timur, khususnya lebih peduli lingkungan, selain hal tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan pelayanan dan fasilitas yang  dimiliki oleh Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Brawijaya.

Lomba burung nasional merupakan kontes beberapa jenis burung dari berbagai kategori, yang akan memperebutkan Piala Rektor UB. Selain itu juga akan dilaksanakan talkshow "Manajemen Kesehatan Burung" dengan pemateri drh. Pieter Kombo serta "Manajemen Pemeliharaan dan Breeding Burung" oleh Prof. Ir. Mohammad Bisri, M.S. Jenis burung yang dilombakan adalah burung kicau yang banyak digemari dan dipelihara masyarakat. Kriteria penilaian adalah kicauan indah dengan durasi panjang. Kategori lomba dibagi menjadi 4 : Kategori A Brawijaya, Kategori B Rektor, Kategori C Wakil Rektor, dan Kategori D Dies Natalis.

Tes DNA Jenis Kelamin Burung dan Peresmian Animal Diseases Diagnostic Laboratory (ADD Lab) Universitas Brawijaya dilakukan di Rumah Sakit Hewan Universitas Brawijaya. Penentuan jenis kelamin burung dilakukan dengan test DNA berbasis molekuler dengan teknik Polymerase Chain Reaction (PCR), sampel yang digunakan berupa bagian calamus pada bulu. Kegiatan ini diharapkan akan membantu permasalahan pecinta burung di wilayah Malang Raya dan sekitarnya untuk meningkatkan budidaya burung melalui penentuan jenis kelamin secara molekuler dengan sasaran kegiatan yaitu pemilik burung di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

Bagi penghobi kucing, Cat show merupakan rangkaian kontes yang menampilkan berbagai jenis dan ras kucing. Disamping itu juga akan dilakukan pemeriksaan dan pengobatan Pet Animal gratis  dilakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kucing, memberikan ilmu pengetahuan mengenai hewan kesayangan kucing, serta sebagai ajang komunikasi antara produsen kebutuhan kucing dan stake holder terkait.

Pameran exotic animal dan atraksi dari komunitas pecinta hobi exotic animal di wilayah Jawa
Timur. Acara ini berupa kontes reptile (ular, iguana dan Lizzard) dalam beberapa kelas,
konsultasi kesehatan exotic animal dan atraksi show cobra. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wahana edukasi masyarakat pencinta exotic animal dengan menyelenggarakan pameran dan pemeriksaan kesehatan exotic animal sebagai upaya meningkatkan kesehatan, kesejahteraan hewan dan manusia. Sasaran kegiatan ini yaitu komunitas pecinta hewan eksotik dan pebisnis produk kesehatan hewan eksotik di wilayah Jawa timur dan sekitarnya.

Harapan dari keseluruhan kegiatan ini dapat menjadi salah satu kontribusi Universitas Brawijaya untuk dapat berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan manusia melalui kesehatan hewan dengan lebih mengenalkan masyarakat terhadap berbagai jenis hewan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan hewan.[vicky]