Prasetya Online

>

Siaran Pers

Jam Layanan Perpustakaan UB Tertinggi di Indonesia

Dikirim oleh denok pada 24 September 2016 | Dilihat : 2998

Beranda perpustakaan pusat UB yang dilengkapi akses free wifi
Beranda perpustakaan pusat UB yang dilengkapi akses free wifi
Buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca akan membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang. Koleksi dari buku dan media informasi lainnya yang merupakan kumpulan ilmu pengetahuan, hiburan, dll bisa ditemukan di perpustakaan baik yang tercetak maupun dalam bentuk digital. Di Universitas Brawijaya (UB), perpustakaan didirikan bersamaan dengan pendirian kampus yakni pada 5 Januari 1963.

Sejak didirikan hingga saat ini, perpustakaan UB telah mengalami perkembangan signifikan baik pada gedung maupun koleksi. Pada awalnya bangunan yang dimiliki hanya seluas 400 m2 namun kini telah berkembang menjadi 3.600 m2. Koleksinya pun terus bertambah. Hingga 2016, koleksi yang dimiliki adalah 188.721 buku (copy), 137.627 e-book, 143.172 e-journal, 76.349 tugas akhir serta 6.042 karya tulis ilmiah lainnya.

Ruang baca FIA UB yang diberi nama Fadel Muhammad Resource Centre
Ruang baca FIA UB yang diberi nama Fadel Muhammad Resource Centre
Dalam visinya, perpustakaan UB berupaya untuk menjadi pusat diseminasi dan sumber ilmu pengetahuan guna tercapainya visi UB sebagai world class entrepreneurial university. Berbagai layanan pun diberikan kepada pengunjung perpustakaan (pemustaka). Disampaikan Koordinator Layanan Pengguna, Emy Sukartini, pihaknya memberikan layanan kepada sivitas akademika UB baik karyawan, dosen maupun mahasiswa. Mereka bisa meminjam, membaca di tempat serta fotocopy. Selain itu, layanan juga diberikan kepada mahasiswa anggota FKP2TN (Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri) dan FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia). Kepada anggota kedua organisasi ini, perpustakaan UB memberikan layanan baca di tempat dan fotocopy. Layanan yang sama juga diberikan kepada masyarakat umum, dengan datang langsung dan membawa surat pengantar dari instansi asal ataupun daftar menjadi anggota luar biasa dengan kontribusi Rp. 50 ribu berlaku satu bulan.

Selama tahun 2016 ini, tercatat 236.033 mengunjungi perpustakaan UB dengan kunjungan online di website mencapai 8.683.801 dan penelurusan online melalui OPAC (Online Public Access Library) mencapai 5.683.694. Transaksi peminjaman buku mulai Januari hingga Agustus sebesar 89.994 dan sebanyak 82.935 transaksi pengembaliannya.

Peresmian FRMC pada 12 Juni 2012
Peresmian FRMC pada 12 Juni 2012
Selain memanfaatkan koleksi perpustakaan UB, sivitas akademika juga bisa mendaftar MILL (Malang Inter Library Loan) sehingga bisa memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan perguruan tinggi jejaring yang meliputi UIN Maulana Malik Ibrahim, UM, Polinema, dan Poltekkes. "Mahasiswa bisa menghubungi penanggungjawab MILL di UB, kemudian buku akan diantar kurir ke perpustakaan UB," kata Emy. Koordinator Bidang Layanan Teknis, Agung Suprapto menyampaikan, perpustakaan UB juga memberikan layanan kepada 18  Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat dengan memberikan kartu. Masing-masing sekolah menurutnya diberikan 50 kartu kepada seorang penanggungjawab.

Agung menambahkan bahwa kunjungan ke perpustakaan UB merupakan yang tertinggi di Indonesia. Pada hari kerja (Senin-Jum'at), layanan dibuka mulai jam 08.00 - 22.00 WIB, sementara Sabtu dan Minggu buka pada 09.00 - 17.00 WIB. "Ini merupakan satu-satunya di Indonesia, perpustakaan dengan jam layanan terlama," kata dia. Dalam memberikan layanannya, perpustakaan UB didukung 71 pegawai yang terdiri atas seorang Kepala Perpustakaan (dosen berpendidikan doktor), fungsional pustakawan, fungsional arsiparis serta pengadministrasi.

Dipaparkan Kepala Perpustakaan UB Johan Andoyo Effendi Noor, PhD bahwa pihaknya memiliki beberapa program unggulan diantaranya pada 2016 ini adalah publisitas dan pengembangan. Hal ini dilakukan diantaranya melalui sosialisasi serta memperluas dan memperkuat peranan perpustakaan terhadap proses pembelajaran baik bagi dosen maupun mahasiswa. Terkait hal ini, pihaknya telah menyusun aplikasi dan sistem informasi perpustakaan intouch & inlislite v.3. "Kami bermaksud untuk membumikan perpustakaan," tandasnya.

Ruang baca Fakultas Pertanian dengan koleksi ribuan buku, jurnal dan tugas akhir
Ruang baca Fakultas Pertanian dengan koleksi ribuan buku, jurnal dan tugas akhir
Selain perpustakaan pusat, masing-masing fakultas/program studi di UB juga memiliki ruang baca. Salah satunya adalah Fadel Muhammad Resource Centre (FMRC) yang ada di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). FMRC berada di bawah Unit Pelayanan Umum yang dikoordinir oleh Pembantu Dekan I Bidang Akademik. FMRC didirikan pada 12 Juni 2012 namun embrionya telah ada sejak 1999. Dengan luas ruangan sekitar 35 m2, pada waktu tersebut, ruang baca hanya diperuntukkan bagi mahasiswa program pasca sarjana. Fadel Muhammad, seorang tokoh politik Indonesia yang juga dosen luar biasa pada Program Pasca Sarjana FIA merupakan donatur awal yang kemudian namanya diabadikan sebagai nama  ruang baca ini.  Disampaikan Sekretaris FMRC Muhammad Rosyihan Hendrawan, S.IP, M.Hum, kini FMRC memiliki ruangan seluas 168 m2 dengan koleksi diantaranya terdiri atas 2.800 eksemplar buku, 115.338 e-book serta 12.059 jurnal internasional online. Secara rinci, koleksi FMRC meliputi buku teks (monograf), referensi, serial (majalah, jurnal dan koran), grey literature (tesis, skripsi, magang, disertasi dan publikasi ilmiah), serta koleksi elektronik (e-journal dan e-book).

Layanan yang diberikan FMRC, disampaikan Hendrawan, meliputi layanan teknis yakni klasifikasi, katalogisasi, sistem informasi serta pelestarian koleksi sementara layanan non teknis bagi pengguna yakni referensi, fotocopy, tugas akhir dan pencarian informasi. FMRC bisa dimanfaatkan oleh sivitas akademika FIA, sivitas akademika UB serta masyarakat umum. Pengguna yang ingin memanfaatkan FMRC cukup membawa kartu identitas dan datang langsung ke FMRC di Gedung A FIA lantai 1 pada hari kerja (Senin-Minggu). "Kami bermaksud untuk memudahkan pelayanan akses kepada sivitas dan masyarakat," ungkap Hendrawan yang juga dosen Ilmu Perpustakaan. Tetapi karena mayoritas buku yang tersedia adalah buku referensi, maka hanya bisa baca di tempat dan fotocopy. Saat ini, FMRC sudah berbasis otomasi perpustakaan dengan katalogisasi online 24 jam. Kedepan, layanan akan dikembangkan menuju digital library untuk diseminasi informasi dan publikasi ilmiah.

Kompetensi Untuk Lulusan UB

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS berharap lulusan UB segera mendapat pekerjaan sesuai kompetensinya. Harapan ini disampaikannya di hadapan 1.158 wisudawan/wati di gedung Samantha Krida, Minggu (25/9/2016). Kompetensi, menurut Bisri merupakan akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan kerja secara terukur melalui asesmen terstruktur, yang mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya. Karena menyangkut tanggung jawab individu, maka di dalam kompetensi termasuk pula jiwa dan semangat kewirausahaan.

Rektor menambahkan, orientasi dari kompetensi adalah pemenuhan kebutuhan stakeholders, yang mencakup kebutuhan professional (professional needs), kebutuhan masyarakat (social needs), kebutuhan dunia kerja (industrial needs) dan kebutuhan generasi masa depan (scientific vision aspecs). "Apabila para wisudawan sanggup memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, maka dengan sendirinya kebutuhan untuk diri sendiri dan untuk keluarga akan terpenuhi juga," kata Bisri.

Untuk memenuhi hal tersebut, sejak beberapa tahun ini UB memberikan perhatian besar terhadap segala upaya guna meningkatkan mutu kompetensi lulusan. Diantaranya adalah kurikulum berbasis kompetensi di semua program studi, pengembangan laboratorium lapang, pelatihan yang menghasilkan sertifikat kompetensi tertentu serta peningkatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Dengan cara ini diharapkan lulusan memiliki jiwa kemandirian yang tinggi, dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan bukan hanya menjadi pencari kerja. [denok/Humas UB]

Berikut daftar wisudawan/wati terbaik pada prosesi wisuda periode 2/2016:

Fakultas Ilmu Budaya :  Tyas Willy Kartika, S.Pd.

Fakultas Hukum :  Maureent Elizabeth Leonard, S.H.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis :  Dien Anindia Kartiko, S.E.

Fakultas Ilmu Administrasi :  Fitria Nur Husnia, S.Pn.

Fakultas Pertanian :  Yarda Aisyah, S.P.

Fakultas Peternakan :  Yulia Ratna Pratiwi, S.Pt.

Fakultas Teknik :  Ahmad Sirojuddin, S.T.

Fakultas Kedokteran :  Andrew Jonatan, S.Ked.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan:  Immaria Fransira, S.Pi.

Fakultas MIPA :  M. Sofyan Habibi, S.Si.

Fakultas Teknologi Pertanian :  Lailia Yuslichati Rahmadani, S.T.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :  Lalu M S Aulia Sastra Hidayat, S.IP.

Fakultas Kedokteran Hewa :  Yessie Sekti Putri Pratiwi, S.KH.

Fakultas Ilmu Komputer :  Roisyatun Nadhifah, S.Kom.

Program Magister :  Sudharmono, M.P.

Program Doktor :  Dr. Denik Sri Krisnayanti

Program Diploma III :  Yesika Trestiarso, A.Md.

 

Artikel terkait