Prasetya Online

>

Siaran Pers

Enam Prodi UB Akan Divisitasi AUNQA

Dikirim oleh oky_dian pada 23 Agustus 2016 | Dilihat : 1291

Enam program studi Universitas Brawijaya (UB) akan divisitasi oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Executive Director AUN Dr. Nantana Gajaseni dan asesor AUN-QA akan melakukan site visit di tiga program studi PS-S1 Administrasi Publik FIA, PS-S1 Teknologi Industri Pertanian FTP dan PS-S2 Biomedik FK pada (23/8-25/8). Kedatangan tim assessor AUNQA bertujuan untuk melakukan verifikasi dan klarifikasi dari dokumen Self Evaluation Report. Sedangkan pada tanggal 8-10 Nopember 2016, tiga PS yang menyusul untuk dilakukan visitasi adalah PS-S1  Peternakan FPt, PS-S1 Hukum FH dan PS-S1 Teknik Pengairan FT.

Sertifikasi internasional dari AUN-QA bertujuan untuk meningkatkan daya saing Universitas Brawijaya di tingkat internasional. Sejak 2014, Universitas Brawijaya (UB) telah menjadi Associate Member AUN-QA Network sebagai bentuk pengakuan di tingkat Internasional. Pada tahun 2015, tiga program studi UB yang telah disertifikasi oleh AUN-QA yaitu PS Biologi Fakultas MIPA, PS Ekonomi Studi Pembangunan FEB dan Keteknikan Pertanian FTP.

ASEAN University Network (AUN) adalah jaringan beberapa universitas di negara ASEAN yang mempunyai tujuan untuk memperkuat jaringan dalam bidang kerjasama di antara beberapa universitas besar di ASEAN dengan mempromosikan kerjasama dan solidaritas diantara mahasiswa dan akademisi di ASEAN, pengembangan sumberdaya akademisi dan profesional dan diseminasi informasi ke sesama komunitas akademik.

Ada beberapa keuntungan bagi perguruan tinggi yang mendapat sertifikasi AUNQA, antara lain prodi yang sudah tersertifikasi bisa disejajarkan dengan prodi universitas-universitas lain di ASEAN. Selain itu, mahasiswa yang prodinya sudah tersertifikasi AUNQA bisa melakukan kredit transfer dengan universitas lain yang sudah disertifikasi AUNQA. 

Ada 15 standar penilaian yang dilakukan oleh tim assessor dari AUNQA, yang tidak hanya borang tapi juga kesiapan gedung tapi juga warning system.

AUN-QA (AUN-Quality Assurance) yangdidirikan di tahun 1998 bertujuan untuk mengembangankan jaringan penjaminan mutu sebagai suatu cara untuk mencapai dan mempertahankan pendidikan berkualitas tinggi. Di dunia pendidikan global yang semakin kompetitif, jaminan kualitas merupakan salah satu instrumen untuk suatu pengakuan dan penghargaan bersama dari berbagai institusi yang mungkin berbeda dalam hal budaya dan sumber daya. AUN-QA bukan merupakan badan akreditasi tetapi mendorong proses peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi melalui identifikasi area perbaikan yang dapat menjadi fokus pengembangan program pendidikan di institusi pendidian tinggi. AUN-QA bertujuan untuk menyusun sistem yang diakui sehingga gelar lulusan dari universitas anggota bisa comparable dengan lulusan dari negara lain di ASEAN. Anggota AUN dan Program Studi yang telah disertifikasi oleh AUN, mahasiswanya bisa mengikuti program kredit transfer dengan universitas-universitas anggota AUN. Dengan sertifikasi AUN maka jalan menuju internasional akan semakin mudah.