PETBIODEGREE, Inovasi Alat Pendegradasi Limbah Plastik PET

Lima mahasiswa FMIPA UB menciptakan sebuah inovasi alat pendegradasi limbah plastik PET yang diberi nama PETBIODEGREE.

Sampah plastik merupakan masalah yang cukup krusial bagi manusia, terutama limbah Polietilena Tereftalat (PET) yang umumnya ditemukan dalam bentuk botol minum sekali pakai. Jumlah limbah plastik yang terus meningkat menyebabkan masalah bagi lingkungan. Limbah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 80 tahun untuk terurai sehingga mengakibatkan masalah yang cukup serius.

Bedasarkan permasalahan tersebut, lima mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (UB) menciptakan sebuah inovasi alat pendegradasi limbah plastik PET yang diberi nama PETBIODEGREE. Mereka adalah Faisal Maulana Malik Ibrahim (Fisika 2019), Adinda Bunga Renatama (Teknik Geofisika 2019), Mariana Toasu (Fisika 2019), Dita Alfira (Kimia 2020), dan Errando Philothra (Kimia 2020) dengan bimbingan dosen Dr. Diah Mardiana, M.S.

PETBIODEGREE, Inovasi Alat Pendegradasi Limbah Plastik PET.

Alat PETBIODEGREE merupakan alat 3 in 1 yang memiliki keunggulan yaitu proses degradasi limbah plastik dapat dilakukan lebih efisien.

“Dalam alat kami, proses degradasi plastik dilakukan melalui tiga metode, yaitu penyinaran menggunakan sinar ultraviolet, pemanasan, dan degradasi dengan memanfaatkan mikroorganisme pendegradasi plastik. Dengan adanya perlakuan tersebut, diharapkan proses degradasi limbah plastik PET dapat berjalan lebih cepat bahkan hanya dalam beberapa bulan saja,” ujar Dita mewakili tim.

Dalam segi daya yang digunakan dalam alat ini, dapat dikatakan hemat sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

“Alat kami tidak membutuhkan daya listrik yang besar, total daya yang digunakan sebesar 0,757 kwh dengan biaya listrik untuk sekali proses kurang dari Rp 1000,” tutur Errando.

Faisal menambahkan, alat ini dapat digunakan oleh siapa saja karena proses pengoperasiannya yang cukup sederhana bagi orang awam.

Tim Faisal berharap dengan adanya inovasi ini mampu membantu program menuju Indonesia Bersih dan Bebas Plastik 2025 dapat segera terwujud.

PETBIODEGREE berhasil memperoleh pendanaan riset dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM KC) tahun 2021. [Faisal/Humas UB]