Perusahaan Global, Epicor Selenggarakan Kuliah Tamu di FILKOM UB

Epicor, perusahaan terkemuka yang berbasis di Texas, Amerika Serikat telah menyelenggarakan kuliah tamu di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) secara luring di Auditorium Algoritma, Kamis (15/6/2023). Epicor merupakan perusahaan global yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak/software dan telah berdiri dari tahun 1972 yang produk-produknya ditujukan untuk industri manufaktur, distribusi, ritel, dan jasa.

Epicor, yang telah lama bergerak dalam solusi perangkat lunak bisnis, menghadirkan tim ahli yang berpengalaman di berbagai bidang teknologi dan bisnis. Kuliah tamu ini dihadiri oleh praktisi dari Epicor yaitu Adhi Firmansyah, S.Kom, MBA selaku Country Manager Epicor Indonesia; Jalal Setiawan, ST selaku South Asia Business Solution Manager; Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Eng. Ir. Herman Tolle, ST., MT; Jajaran pimpinan di Departemen Sistem Informasi (Kadep & Kaprodi) serta mahasiswa dari berbagai prodi di FILKOM UB.

Dalam sambutannya Herman Tolle menyampaikan bahwa kuliah tamu tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis kepada mahasiswa mengenai industri perangkat lunak yang sedang berkembang pesat, serta mengetahui produk dan segi menajerialnya.

Herman Tolle dalam memberika sambutan pada kegiatan Kuliah Tamu oleh Epicor
Herman Tolle dalam memberika sambutan pada kegiatan Kuliah Tamu oleh Epicor

“Kami sangat berterima kasih kepada Epicor atas kesempatan ini. Ini merupakan kesempatan yang berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan praktis dari para ahli industri. Semoga melalui kegiatan semacam ini, mahasiswa dapat memperluas pengetahuan mereka dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa depan karir mereka,” kata Herman.

Salah satu pembicara utama Adhi Firmansyah mengatakan berbagai wawasan tentang tren terkini di industri perangkat lunak dan pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi. Ia juga membahas peluang karir yang ada di industri ini dan memberikan nasihat kepada mahasiswa tentang bagaimana mempersiapkan diri mereka untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif. Tidak lupa, ia juga mengenalkan lebih dekat kepada mahasiswa mengenai profil dari Epicor serta beberapa software Epicor khusunya Epicor ERP.

“Aplikasi Epicor ERP adalah sistem yang mengotomatiskan dan mengintegrasikan alur kerja pada perusahaan di berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang manufaktur. Dengan menerapkan sistem ERP, maka proses produksi hingga distribusi dapat dikelola dengan baik. Epicor ERP memanfaatkan teknologi baru seperti analisis bisnis, big data, mobilitas, dan IOT (Internet Of Thing) untuk dukungan manufaktur dan bisnis yang fleksibel dan cerdas kepada penggunanya,” jelas Adhi.

Selain itu, tim dari Epicor juga melakukan sesi tanya jawab interaktif dengan mahasiswa. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada para ahli tentang topik yang menarik minat mereka, termasuk pengembangan perangkat lunak, analitik data, kecerdasan buatan, dan tren bisnis terkini.

Sesi foto bersama oleh pemateri dengan peserta yang hadir dalam Kuliah Tamu Epicor
Sesi foto bersama oleh pemateri dengan peserta yang hadir dalam Kuliah Tamu Epicor

Kuliah tamu ini juga menjadi bagian dari upaya Epicor untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi dalam rangka mengembangkan talenta di bidang teknologi. Epicor percaya bahwa investasi dalam pendidikan dan pelatihan merupakan kunci untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan inovatif dalam menghadapi era transformasi digital.

Diharapkan, melalui kuliah tamu ini, mahasiswa FILKOM UB dapat mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang industri perangkat lunak dan meningkatkan perspektif mereka terhadap peluang dan tantangan yang ada. Semoga kolaborasi semacam ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak terlibat.[drn/Humas UB]