Pertemuan Strategis Kepala Perpustakaan dengan Para Staff Ruang Baca

Kepala Perpustakaan dan Staff Ruang Baca Fakultas mengadakan pertemuaan untuk membahas beberapa topik penting yang akan memperkuat peran para petugas ruang baca di lingkungan kampus.

Salah satu poin utama yang diangkat dalam pertemuan ini adalah kebijakan bahwa para staf ruang baca yang berminat untuk menjadi pustakawan akan berada di bawah naungan Perpustakaan UB. Kepala Perpustakaan UB Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum, menekankan bahwa langkah ini diambil untuk memperkuat koordinasi antara perpustakaan dan ruang baca di fakultas-fakultas.

“Dengan menyatukan kekuatan di bawah payung Perpustakaan UB, kita dapat lebih efektif dalam pengelolaan sumber daya informasi dan pemberian layanan kepada civitas academica,” kata Dr. Iwan Permadi.

Selain itu, diskusi juga menyoroti peran penting para petugas ruang baca sebagai pendamping mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir (TA). Kepala Perpustakaan UB mengusulkan peningkatan peran mereka dalam mendukung mahasiswa yang tengah menjalani tahap penting dalam perjalanan akademik mereka.

“Dalam menghadapi tantangan TA, peran petugas ruang baca dapat lebih diperkuat sebagai pendamping yang memberikan bimbingan dalam pengelolaan referensi, literatur, dan penelitian,” kata Dr. Iwan Permadi.

Pertemuan ini juga membahas kolaborasi yang lebih erat antara petugas ruang baca dan pustakawan Perpustakaan UB. Salah satu bentuk kolaborasi yang diusulkan adalah partisipasi petugas ruang baca dalam menulis untuk Journal Knowledge Garden (JKG). Ini dianggap sebagai langkah positif untuk menggali potensi intelektual para petugas ruang baca dan meningkatkan visibilitas Universitas Brawijaya di tingkat nasional maupun internasional.

 

Para peserta pertemuan menyambut baik langkah-langkah proaktif yang diusulkan dalam memperkuat peran para petugas ruang baca. Mereka mengakui bahwa dengan adanya kerjasama yang lebih erat antarunit, kualitas layanan perpustakaan di Universitas Brawijaya dapat terus ditingkatkan.

Pertemuan ditutup dengan semangat baru dan kesepakatan untuk melibatkan semua pihak dalam mewujudkan rencana-rencana strategis yang telah dibahas. Ke depan, diharapkan akan terjadi perkembangan positif dalam penguatan peran dan kolaborasi antara Perpustakaan UB dan staff Ruang Baca di seluruh fakultas Universitas Brawijaya. (*/OKY/Humas UB)