Persiapan Akhir Fakultas Teknik Menuju UTBK 2021

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) melakukan persiapan akhir menjelang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3, Ir. Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D memimpin rapat Koordinasi didampingi oleh Endang Susiloningsih, S.Sos, M.AB selaku Penanggung Jawab Lokasi (PJL).

Dalam laporannya Endang yang juga Kepala Tata usaha ini menyampaikan selama dua bulan ini koordinasi dilaksanakan secara daring baik PJL, Penganggung Jawab TIK, Teknisi Ruang, dan Pengawas.

“Pengawas juga sudah diberikan pengarahan pada tanggal 5 April 2021,” ujar Endang.

Pembekalan Pengawas UTBK Fakultas Teknik UB
Pembekalan Pengawas UTBK Fakultas Teknik UB

Ir. Ishardita dalam sambutannya juga mengingatkan agar panitia memperhatikan letak petunjuk jalan agar memudahkan peserta ujian menuju ruang ujian.

“Peserta ini rata-rata belum pernah masuk dan tahu dalamnya kampus, mereka juga tidak bisa mengecek tempat ujian sehari sebelumnya, jadi pastikan letak petunjuk jalan mudah diikuti,” ujar Wakil Dekan Bidang Akademik ini.

Ia juga menyampaikan pesan dari Dekan agar segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik. Jangan pula pengecekan protokol kesehatan menunda pelaksanaan ujian.

Ia juga menegaskan pentingnya kesiapan TIK dalam ujian online ini. Angger Abdul Razak, ST, MT, M.Eng., Ph.D., selaku Penanggung Jawab TIK di lingkungan FTUB mengungkapkan bahwa timnya sudah menyiapkan dengan baik.

Dalam pelaksanaan UTBK ini FT menyediakan 65 komputer yang tersebar di empat titik; Lab Komputasi Sipil, Ruang Capita Selekta Jurusan PWK, serta Teknik Industri di Lab Simulasi dan Lab Komputer.

Ia menambahkan, panitia juga sudah menyiapkan jaringan dan backup daya listris berupa UPS dan generator di tiap-tiap lokasi.

“Sebagian besar laptop/PC yang tersedia memerlukan update ke versi OS terbaru. Jadi selama hampir dua bulan kami menyiapkan dan memperbarui masing-masing laptop, dan sudah 100% up to date, in shaa Allah aman untuk Senin nanti,” ungkap Dosen Teknik Elektro ini.

Untuk diketahui, UTBK tahun ini akan diselenggarakan pada 12-18 April 2021 dengan dua sesi setiap harinya. (mic/Humas UB)