PERSADA Gelar Sekolah Riset Angkatan III untuk Asisten Peneliti

Pusat Riset Sistem Peradilan Pidana Universitas Brawijaya (PERSADA UB) menggelar acara Sekolah Riset sebagai bagian dari Open Recruitment Peneliti Magang, Asisten Peneliti, dan Social Media Specialist PERSADA UB 2024, Senin (5/2/2024). Acara ini berlangsung dalam format hybrid dengan menggabungkan pertemuan virtual melalui Zoom Meeting dan sesi luring di Ruang Rapat 1 dan 2 Gedung Layanan Bersama Universitas Brawijaya.

Prof. Luchman Hakim, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D, selaku Ketua LPPM Universitas Brawijaya, dalam sambutannya, menyoroti pentingnya pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para peneliti, terutama dalam hal publikasi jurnal Scopus. Dia mendorong dosen dan peneliti muda untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan riset kepada para asisten peneliti. Prof. Luchman juga berharap agar PERSADA UB dapat menjadi teladan untuk mengakses dana lainnya di luar UB dan tidak segan mentransfer pengalaman mengelola manajeman riset ke pusat riset lainnya, di lingkungan Universitas Brawijaya

Dr. Fachrizal Afandi, S.Psi., S.H., M.H., Ketua PERSADA UB, menegaskan bahwa Sekolah Riset ini merupakan langkah awal bagi Peneliti Magang, Asisten Peneliti, dan Social Media Specialist PERSADA UB untuk terjun langsung ke dunia penelitian lintas disiplin. Acara ini dirancang dengan harapan akan membentuk fondasi yang kokoh dalam meningkatkan kemampuan riset, terutama terkait isu Sistem Peradilan Pidana.

Sekolah Riset PERSADA UB 2024 disusun secara komprehensif, mencakup berbagai materi penting seperti konsep dasar riset, pengantar sistem peradilan pidana, metode penelitian hukum normatif, penguatan kompetensi riset, dan pengembangan karakter.

Untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam, Sekolah Riset menghadirkan sejumlah narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, antara lain Dr. Fachrizal Afandi, S.Psi., S.H., M.H. yang membahas “Pengantar riset Sistem Peradilan Pidana,” Ladito Risang Bagasakoro, S.H., M.H. yang membahas “Pengantar Metode Penelitian Hukum Normatif,” dan Prof. Dr. Imam Koeswahyono, S.H., M.Hum. yang membahas “Pengantar penelitian Socio-Legal,” Marsya Mutmainah Handayani, S.H., LL.M. membahas terkait Pentingnya Penguatan Kompetensi Riset Bagi Peneliti”,  Prischa Listiningrum, S.H., LL.M. membahas tentang “Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah: Terpublikasi Internasional (Scopus) dan Nasional (SINTA)” Diky Riansyah membahas tentang “Metode Anotasi Putusan Pengadilan” dan Ilhamuddin Nukman, S. Psi, M.A  terkait “Character Building”

Tujuan utama dari Sekolah Riset PERSADA UB 2024 adalah mempersiapkan Peneliti Magang, Asisten Peneliti, dan Social Media Specialist PERSADA UB agar mampu menjalankan penelitian dengan baik. Acara ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang sistem peradilan pidana, serta menjadi langkah awal bagi para asisten peneliti dan peneliti magang PERSADA UB dalam memahami dasar-dasar riset dan penelitian. (FRZ/OKY/Humas UB)