Perpustakaan Adakan Zoom Output Pelaksanaan Kerjasama

UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) sukses menggelar acara Zoom “Output Pelaksanaan Kerjasama” pada tanggal 21 Desember 2023. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai Mitra PKS (Perjanjian Kerjasama) Perpustakaan UB. Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah menciptakan forum yang produktif untuk berbagi hasil kerjasama yang telah dilaksanakan.

Peserta yang turut hadir dalam acara ini melibatkan perwakilan dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi dan lembaga, antara lain Perpustakaan UIN Batu Sangkar, ITK (Institut Teknologi Kalimantan), BSN (Badan Standardisasi Nasional), Universitas Dinamika, UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret), UNMER (Universitas Merdeka Malang), Poltekkes Riau (Politeknik Kesehatan Riau), Unigiri, SMP Thursina, dan masih banyak lagi.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala UPT Perpustakaan UB, Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi aktif para mitra dalam kerjasama yang telah terjalin. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam dunia perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan sumber daya.

Setelah sambutan pembukaan, dilanjutkan dengan presentasi materi terkait inovasi-inovasi layanan yang sudah dilakukan oleh Perpustakaan UB seperti Library Class, Pendampingan dan Klinik Jurnal. Selanjutnya dibahas tentang rencana output dari pelaksanaan kerjasama antara Perpustakaan UB dan para mitra. Kapus UB berharap nantinya ada berbagai proyek dan kegiatan kolaboratif, seperti magang mahasiswa dan staff perpustakaan, pertukaran koleksi, pelatihan bersama, serta pengembangan sistem informasi perpustakaan, menjadi sorotan utama dalam presentasi tersebut.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para mitra PKS. Selama sesi tanya jawab, peserta aktif bertanya dan berdiskusi mengenai implementasi kerjasama yang telah dilakukan. Pertukaran ide dan pengalaman antar perpustakaan menjadi momentum penting dalam memperkuat jaringan kerjasama di bidang ini.

Pada sesi tanya jawab Sri Utari dari Perpustakaan UNS mengajukan pertanyaan tentang durasi magang kerja yang dilakukan staff minimal berapa hari dan mekanisme pengembangan workshop. Kapus UB menjawab bahwa untuk magang kerja tidak ada minimal jumlah hari namun diusahakan staf yang magang bisa maksimal dalam menimba ilmu. Lalu untuk pengembangan workshop bisa berkolaborasi baik pembicara maupun peserta.

Hadira dari Perpustakaan Lancang Kuning menawarkan 177 manuscript naskah kuno dan 3000 arsip dari Istanan Siak untuk pertukaran koleksi agar bisa menambah ragam koleksi atau bahan penelitian dari perpustakaan lainnya.

Acara ditutup dengan harapan untuk dapat terus meningkatkan kolaborasi di masa depan dan menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam dunia perpustakaan. Para peserta menyampaikan apresiasi mereka terhadap keberhasilan acara ini dan berharap agar kerjasama yang telah terjalin dapat terus berkembang untuk meningkatkan mutu dan aksesibilitas perpustakaan di seluruh lembaga.

Acara Zoom “Output Pelaksanaan Kerjasama” yang diadakan oleh UPT Perpustakaan sukses menjadi wadah kolaborasi yang bermanfaat bagi para mitra perpustakaan, menciptakan momentum untuk kerjasama yang lebih erat dan produktif di masa depan. (*/OKY/Humas UB).